Iklan

Kodim 0111/Bireuen Selenggarakan Kegiatan Pembinaan Jaring Mitra Karib

Aceh
21 November 2022 | 20:13 WIB Last Updated 2022-11-21T13:15:55Z

Foto Letkol Inf Ade Munandar, S.I.Pem saat memberi Sambutan


Bireuen, Demi memantapkan dan mewujudkan binter TNI AD yang adaptif, Kodim 0111/Bireuen menyelenggarakan kegiatan pembinaan jaring terhadap Mitra karib yang ada di wilayah jajaran Kodim 0111/Bireuen guna untuk mengoptimalkan deteksi dini, cegah dini, temu cepat dan lapor cepat, Senin (21/11/2022).


Dalam kegiatan tersebut Letkol Inf Ade Munandar, S.I.Pem selaku Komandan Kodim 0111/Bireuen berkesempatan memberikan sambutan kepada para peserta Mitra karib yang hadir dan mengikuti kegiatan pembinaan jaring. Adapun isi dari sambutannya antara lain Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta (HANKAMRATA) adalah sistem pertahanan negara yang bersifat semesta, dengan melibatkan seluruh warga negara, wilayah dan sumber daya nasional (SUMDANAS) lainnya, serta dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara total, terpadu, terarah, berkesinambungan dan berkelanjutan untuk menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan Keutuhan Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan melindungi keselamatan segenap bangsa dari setiap ancaman.


"Pertahanan semesta yang kuat menjamin kelangsungan hidup Bangsa Indonesia, dengan memanfaatkan Sumber Daya Nasional, baik Sumber Daya Alam (SDA), Sumber Daya Manusia (SDM) maupun sumber daya buatan dalam satu kesemestaan. hal ini dilakukan secara semesta, terpadu, terarah dan keberlanjutan untuk menjamin kelangsungan hidup yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, guna menghadapi berbagai ancaman dan tantangan di masa depan, " Tuturnya.


Undang-Undang RI Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI menyatakan bahwa tugas pokok TNI salah satunya dapat dilakukan dengan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) melalui kegiatan pemberdayaan wilayah pertahanan dan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta. pemberdayaan wilayah pertahanan diselenggarakan secara dini dalam rangka mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara. untuk mewujudkan kondisi yang tangguh berupa kondisi dinamis masyarakat dalam Berbangsa dan Bernegara dari segala bentuk ancaman diantaranya Separatisme, Terorisme, Radikalisme, Konflik Komunal, Isu Politik Nasional dan Lokal,maka setiap aparat komando kewilayahan harus memiliki kemampuan “temu cepat dan lapor cepat”. 



Kemampuan Apkowil dalam temu cepat dan lapor cepat merupakan salah satu bentuk dari kecepatan mendeteksi suatu permasalahan yang timbul di wilayah agar dapat diantisipasi dengan pengambilan keputusan yang tepat melalui kegiatan pembinaan Jaring Mitra Karib yang pelaporannya dilaksanakan oleh mitra karib binaan Jajaran Kodim 0111/Bireuen, Imbuh Dandim.


Sebelum mengakhiri sambutannya Komandan Kodim 0111/Bireuen mengucapkan Terima kasih atas kedatangan Mitra karib dan memberikan Apresiasi serta dukungan demi suksesnya kegiatan pembinaan jaring mitra karib agar menjamin terlaksananya pembinaan jaring mitra karib di Satuan Komando kewilayahan, sehingga tercipta deteksi dini, cegah dini serta sistem temu cepat dan lapor cepat di kalangan Apkowil guna menciptakan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh di wilayah binaan Kodim 0111/Bireuen, tutupnya.


Diakhir kegiatan pembinaan jaring Mitra karib Dandim 0111/Bireuen Letkol Inf Ade Munandar, S.I.Pem secara langsung memberikan bingkisan sembako kepada para masyarakat yang menjadi Mitra karib dari Babinsa Jajaran Kodim 0111/Bireuen.


Heri

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kodim 0111/Bireuen Selenggarakan Kegiatan Pembinaan Jaring Mitra Karib

Trending Now

Iklan