iklan

---

Kondisi Ruas Jalan Bengkayang-Singkawang Bagai Tak Terurus" Ini Respon Warga.

Kalimantan Barat
Rabu, 23 November 2022 | 08:11 WIB Last Updated 2022-11-23T01:29:33Z


BENGKAYANG, Kondisi Terkini jalan antar kota Bengkayang menuju kota Singkawang, Sangat Membahayakan pengguna jalan Terutama roda dua, Di beberapa titik terdapat banyak lubang menganga menunggu korban berjatuhan, Titik rawan yang banyak berlubang  di dusun sungai raya desa cipta karya sampai desa pasti jaya (Serukam). Rabu 23/11/22.


Berdasarkan ketentuan yang ada, Tanggung jawab penyelenggaraan jalan, termasuk memberikan perhatian dan perbaikan terhadap jalan rusak, sebenarnya telah menjadi tanggung jawab penyelenggara layanan, dalam hal ini pemerintah baik pusat ataupun daerah. Sehingga pemerintah sebagai penyelenggara dituntut untuk memberikan pelayanan yang prima, sebagaimana penyelenggaraan pelayanan publik lainnya, baik di bidang jasa ataupun administratif.


Sebenarnya terdapat panduan untuk penyelenggara jalan, untuk mewujudkan layanan publik jalan yang baik, sebagaimana tergambar dalam UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ). Pertama, melakukan inventarisasi tingkat pelayanan jalan dan permasalahannya. Kedua, menyusun rencana dan program pelaksanaannya serta penetapan tingkat pelayanan jalan yang diinginkan. Ketiga, perencanaan, pembangunan, dan optimalisasi pemanfaatan ruas jalan.


Keempat, perbaikan geometrik ruas Jalan dan/atau persimpangan jalan. Kelima, penetapan kelas Jalan pada setiap ruas jalan. Keenam, uji kelaikan fungsi jalan sesuai dengan standar keamanan dan keselamatan berlalu lintas; dan ketujuh, pengembangan sistem informasi dan komunikasi di bidang prasarana jalan.


Hasil pantauan awak media ini di lapangan, Menggambarkan ketentuan yang dimaksud diatas serta implementasi di lapangan tidak sejalan. Hal inilah yang di keluhkan oleh salah satu warga masyarakat Jakarias Pendi (43) Saat bertemu dengan awak media ini, Dirinya menerangkan setiap hari melewati ruas jalan yang sudah sangat memprihatikan dan harus ekstra hati-hati, Kalau tidak berhati-hati jelas bisa memakan korban akibat sepanjang ruas jalan terutama dari kota Bengkayang menuju arah Vandering.


"Itulah Bang. Saya sebagai pengguna jalan yang setiap hari melewati ruas jalan ini merasa khawatir juga dengan kondisi jalan yang makin hari makin parah, Kita lihat saja lubang di mana-mana siap menunggu korban kapan saja.Terutama kami yang menggunakan Kendaraan Roda Dua." Katanya.


Tempat terpisah Ketua Aspekindo kebupaten Bengkayang Puji Siswanto menanggapi kondisi jalan poros Bengkayang-Singkawang memang sangat memprihatikan, Terutama di beberapa titik, Seharusnya pola penanganan proyek perbaikan di lihat dari sisi kerawanan jalan tersebut dengan melihat skala prioritas utama.


"Saya sebagai pengguna jalan serta warga masyarakat sangat menyayangkan sekali dengan kondisi sekarang ini, Terutama Jalur ruas jalan Bengkayang-Singkawang sangat rawan kecelakaan bagi pengguna jalan terutama pengendara sepeda motor. Seharus proyek perbaikan jalan bukan di daerah tertentu saja(Spot-Spot). yang kita temukan di beberapa tempat sudah di aspal, Sementara yang rusak parah juga banyak. Seharusnya pola penanganan memperhatikan skala prioritas jangan asal aspal aja."Keluhnya.


Lanjutnya Kita berharap kepada pihak terkait Terutama Bapak Gubernur Kaliman Barat melalui dinas PUPR Provinsi agar kondisi dilapangan harus di lihat secara real bukan hanya terima laporan saja.Masa kondisi ini mau di biarkan sampai banyak memakan korban lagi. Tuturnya.


Injil

=====

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kondisi Ruas Jalan Bengkayang-Singkawang Bagai Tak Terurus" Ini Respon Warga.

Trending Now