Iklan

Perangi Narkoba, Lapas Kelas III Sinabang Gelar Tes Urine Kepada Petugas dan Warga Binaan

Aceh
29 Desember 2022 | 21:52 WIB Last Updated 2022-12-29T14:53:15Z
Kalapas Kelas III Sinabang Suparman S.H., Turut didampingi Plt Sekda Simeulue Asludin SE.M.Kes., Perwakilan PN Sinabang dan Personil Sat Narkoba Polres Simeulue


Simeulue, Perangi terhadap penyalahgunaan Narkoba di dalam Lapas. Hari ini, Lapas Kelas III Sinabang gelar Tes Urine terhadap para petugas Lapas dan Warga Binaan Pemasyarakatan. Ini sebagai bentuk komitmen Lapas Kelas III Sinabang dalam pencegahan penyalahgunaan Narkoba. Kamis (29/12/2022). 


Dalam hal ini, Tercatat sebanyak 31 Petugas Lapas Pemasyarakatan dan 91 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang akan dilakukan pengambilan sampel urine yang di dampingi langsung oleh Kalapas Kelas III Sinabang, Suparman S.H., Plt Sekda Asludin SE.M.Kes., Perwakilan Kajari Simeulue., Perwakilan Pengadilan Negeri Sinabang., dan Perwakilan Sat Narkoba Polres Simeulue. 


Kegiatan ini bertempat di lapangan Lapas Kelas III Sinabang. Kepala Lapas Kelas III Sinabang, Suparman S.H, mengatakan tes urine ini sebagai upaya komitmen seluruh petugas lapas dan evaluasi dalam masa integritas dan dari warga binaan evaluasi dalam bentuk pelaksanaan kegiatan yang memakai Narkoba, hal ini kita menanggapi sebuah nilai yang positif dalam kegiatan ini. 


Saya sebagai Kalapas Kelas III Sinabang mengungkapkan sebuah masalah dalam kebebasan publik supaya masyarakat itu tahu bahwa kita tidak akan main-main baik dari petugas maupun warga binaannya supaya tidak mengulang masa lalu. Kemudian pihak pemerintah khususnya Kemenkumham memang harus kegiatan ini setiap saat tetap dilaksanakan. 


"Jadi, Kegiatan tersebut (tes urine) terhadap 31 petugas Lapas dan 91 Warga Binaan Pemasyarakatan dan ini juga merupakan sebagai tindaklanjut perintah Kemenkumham untuk terus melakukan berbagai upaya pencegahan dan deteksi dini akan bahaya penyalahgunaan narkoba baik yang dilakukan oleh pegawai maupun WBP," katanya.


"Alhamdulillah semua WBP yang diambil urinenya untuk dilakukan tes hari ini dinyatakan tidak menunjukkan tanda-tanda mengonsumsi narkoba alias negatif, kami berkomitmen jika saja ada Petugas maupun warga binaan yang Positif menggunakan Narkoba maka akan diberikan sangsi tegas, 


Jika itu pegawai Lapas yang terbukti menggunakan Narkoba, maka akan diberikan sangsi sesuai dengan petunjuk dari pimpinan. Namun jika itu warga binaan yang terbukti mengkonsumsi Narkoba maka akan diberikan sangsi tegas baik itu berupa pengurangan remisi, bahkan tidak akan diusulkan sebagai penerima remisi serta juga akan diproses secara hukum oleh pihak Sat Narkoba Polres Simeulue jika itu akan dikasuskan. 

Salah seorang Warga Binaan Lapas Kelas III Sinabang saat melakukan Tes Urine


"Tetap jaga komitmen dan integritas dalam hal memerangi narkoba. Dengan pelaksanaan tes urine ini, diharapkan dapat meningkatkan keamanan di Lapas Kelas III Sinabang,


Simeulue yang juga memiliki semboyan ate fulawan atau berhati emas, sehingga setiap warga binaan yang keluar dari Lapas ini semuanya berhati emas." Ucap Kalapas Kelas III Sinabang Suparman S.H.


Sementara itu, Plt Sekda, Asludin sangat mengapresiasi pihak Lapas yang telah melaksanakan kegiatan tersebut. Ia berharap baik pegawai maupun Warga Binaan ini bebas dari pada Narkoba.


Asludin juga berharap melalui pembinaan yang dilakukan pihak Lapas kepada Warga Binaan ini, mereka bisa keluar dan berbaur di tengah masyarakat dan memberikan kontribusi yang baik. Tutup Plt Sekda Asludin. ***


Helman

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Perangi Narkoba, Lapas Kelas III Sinabang Gelar Tes Urine Kepada Petugas dan Warga Binaan

Trending Now

Iklan