---

Ratusan Panitia Pemungutan Suara di Simeulue Resmi dilantik

Aceh
Rabu, 25 Januari 2023 | 05:27 WIB Last Updated 2023-01-24T22:28:33Z
414 Anggota PPS se Kabupaten Simeulue saat Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji, Selasa, (24/1) Foto/Ist

Simeulue, Sejumlah persiapan menjelang Pemilihan Umum atau Pemilu tahun 2024 tengah dilakukan, salah satunya dengan melantik dan mengambil sumpah Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kabupaten Simeulue yang berlangsung di Halaman Pendopo Bupati Simeulue, Selasa (24/01/2023) Siang. 


Usai pengambilan sumpah ini, Nirwanudin Ketua Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KIP Simeulue saat ditemui oleh sejumlah media menitipkan harapan agar pesta demokrasi di Kabupaten Simeulue pada tahun 2024 dapat berjalan bebas, adil dan jujur.


Nirwanudin Ketua Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KIP Simeulue

Nirwanudin menilai, pelaksanaan pemilu tahun 2024 nantinya tidak hanya dilaksanakan secara prosedural, dirinya mengharapkan agar penyelenggaraan pemilu khususnya yang dilantik hari ini dapat memahami ketentuan perundang-undangan pelaksanaan pemilu. 


"Bapak ibu anggota PPS adalah salah satu ujung tombak pelaksanaan pesta demokrasi yang nanti akan menentukan warna demokrasi kita lima tahun ke depan. Pelantikan hari ini bukan hanya sekedar kebanggaan tetapi ada rasa tanggung jawab yang besar untuk melaksanakan tanggung jawab yang termuat dalam fakta integritas," ujar Nirwanudin


Dirinya mengingatkan pelaksanaan pemilu yang merupakan pelaksanaan kedaulatan rakyat untuk lima tahun ke depan ini mesti berjalan dengan jujur, bebas, baik dan adil sesuai dengan peraturan Undang-Undang. 


Lanjutnya, seperti yang tertuang pada pasal 456, Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan menaati kode etik pemilu. 


"Saya berharap kepada seluruh stakeholder agar bisa bersinergi dalam pemilu tahun 2024 ini, dengan memahami tugas-tugas fungsinya secara profesional dan peraturan perundang-undangan yang berlaku," jelasnya. 


Sementara itu, Cut Keumala Sekretaris Komisi Independen Pemilihan (KIP) selaku Panitia penyelenggara juga menjelaskan untuk diketahui, terdapat sekira 414 Panitia Pemungutan Suara atau PPS yang dilantik hari ini terdiri dari 138 desa, dan masing-masing desa sebanyak 3 orang yang nantinya akan bertugas membantu KIP Simeulue di pelaksanaan Pemilu 2024.


Muhammad Faisal saat membacakan SK Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Anggota PPS se Kabupaten Simeulue

Pantauan media ini Surat Keputusan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah anggota PPS Kabupaten Simeulue ditandatangani oleh Ketua KIP Aceh, Syamsul Bahri, dibacakan Muhammad Faisal.


Turut disaksikan oleh tiga anggota KIP Simeulue, Nirwanudin, Chairuzzaman Umar dan Rajian Saleh dan Sekretaris KIP Simeulue, Cut Helza Keumala juga unsur Forkopimda. ***


Helman

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ratusan Panitia Pemungutan Suara di Simeulue Resmi dilantik

Trending Now