Iklan

Pengembangan Sektor Pariwisata, Drs Said Amri Kadis Kominfotik : Merupakan Salah Satu Program Pj Bupati Nagan Raya

Aceh
20 Februari 2023 | 08:12 WIB Last Updated 2023-02-20T01:13:49Z


Suka Makmue - Upaya menggalakkan sektor pariwisata yang digelorakan Pj Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP, SSos, MSi, perlu dukungan semua pihak. Untuk itu, jajaran Dinas Kominfotik setempat meresponnya dengan melakukan arung jeram di aliran Sungai Krueng Nagan, Sabtu 18/2/2023.


Kadis Kominfotik Nagan Raya, Drs Said Amri, mengatakan, salah satu program Pj Bupati adalah pengembangan sektor pariwisata, termasuk arung jeram (rafting).


"Kita mendukung program Ibu Pj Bupati, khususnya wisata air arung jeram, karena ini salah satu cabang olah raga sekaligus rekreasi yang menantang dan butuh nyali," ujarnya.


Kadis Kominfotik Nagan Raya beserta jajarannya sangat terkesan setelah satu setengah jam mengarungi arus deras Krueng Nagan.


"Mulai dari Bendungan Irigasi hingga ke titik pendaratan di Meunasah Pante butuh waktu arung satu setengah jam. Beberapa titik jeram memang mendebarkan," katanya. 


Menurut Said Amri, upaya memajukan wisata tersebut perlu dukungan semua pihak agar arung jeram menjadi rekreasi alternatif sekaligus sebagai sarana berolah raga.


"Saya kira, arung jeram ini menjadi primadona dimasa mendatang jika dikelola dengan baik," imbuhnya. 


Rico Mukhtar, pengelola sekaligus instruktur senior arung jeram dari Wahana Beutong Adventure, menyampaikan, usahanya itu belum lama dikembangkan di Nagan Raya. 


Lanjut Rico, dengan modal seadanya ia nekat mengembangkan arung jeram di Nagan Raya, sebelum dikelola orang luar. 


"Saya berterima kasih kepada jajaran Dinas Kominfotik yang telah memanfaatkan wahana ini," ujar Rico yang sebelumnya menjadi pemandu arung jeram dibeberapa daerah diluar Nagan Raya. 


Didampingi pemandu lainnya, Ali, ia pun meminta dukungan jajaran Pemerintah Kabupaten Nagan Raya guna membantu agar usahanya berkembang. 


Menurut Rico, arung jeram adalah sarana olah raga, juga rekreasi, konservasi dan partisipasi (dalam hal evakuasi korban kecelakaan di sungai).


Ia menjelaskan, saat ini pihaknya baru mampu menyediakan empat unit perahu karet. Idealnya, untuk arung jeram minimal enam perahu.


"Saat ini baru ada empat perahu karet bantuan para donatur yang bersimpati terhadap arung jeram, sementara peminatnya lumayan banyak setiap minggu," pungkasnya seraya mengimbau bagi yang suka tantangan arung jeramlah pilihan yang tepat.***


Helman

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pengembangan Sektor Pariwisata, Drs Said Amri Kadis Kominfotik : Merupakan Salah Satu Program Pj Bupati Nagan Raya

Trending Now

Iklan