Iklan

Gelar Silahturahmi bersama Kabupaten Abar dan Abdya, Pj Bupati Nagan Raya : Kita membahas, mengsubsidikan Tiket Penerbangan Maskapai Citilink

Aceh
02 Maret 2023 | 23:54 WIB Last Updated 2023-03-02T16:54:31Z


Suka Makmue, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya, Provinsi Aceh melakukan silaturahmi dan rapat terkait subsidi maskapai penerbangan Citilink dengan Pemkab Aceh Barat dan Aceh Barat Daya (Abdya), Kamis (2/3/2023).


Pada pertemuan itu, dihadiri Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP, S.Sos, M.Si, Pj Bupati Abdya diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda, Liza Marfandi S.STP dan Kadis Perhubungan Abdya Amrizal serta Pj Bupati Aceh Barat diwakili Kadis Perhubungan, Dodi Bima Saputra.


Rapat yang berlangsung di ruang kerja Bupati Nagan Raya, Komplek Perkantoran Suka Makmue itu, dipandu Sekretaris Daerah (Sekda) Ir. H. Ardimartha dan turut dihadiri Wakil Ketua II DPRK Nagan Raya, Puji Hartini ST, MM, Asisten II Sekda dan para kepala SKPK terkait.


Pada kesempatan itu, Pj Bupati Fitriany Farhas mengajak Pemkab Aceh Barat dan Abdya untuk bersinergi dan mencari cara agar mensubsidikan maskapai penerbangan Citilink yang akan melakukan penerbangan via Bandara Cut Nyak Dhien, Nagan Raya.


"Tujuan kita rapat di sini supaya tiket maskapai penerbangan Citilink dapat kita subsidi nanti untuk masyarakat, regulasinya kita pikir sama-sama," kata Fitriany.


Terkait teknis dan pelaksanaannya, tambah Fitriany, hal itu bisa dilakukan koordinasi baik dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), maupun dengan cara lainnya.


"Tujuannya supaya harga tiket bisa lebih murah lagi dan dapat dijangkau oleh semua kalangan masyarakat," jelasnya.


Sebelumnya, pada Jum'at (11/11/2022), Pemkab Nagan Raya juga telah melaksanakan koordinasi dengan Kemenhub RI terkait rencana penerbangan pesawat Citilink di Bandara Cut Nyak Dhien, Nagan Raya.


Saat itu, kepada Sekjen Kemenhub, Novie Riyanto Raharjo, Pj Bupati Nagan Raya mengungkapkan bahwa sebelumnya pihaknya juga telah berkomitmen dengan daerah-daerah lain di Provinsi Aceh, terutama kabupaten/kota yang berada di garis pantai barat selatan Aceh.


"Termasuk komitmen kita dengan daerah penunjang seperti Kabupaten Aceh Barat, Abdya dan Aceh Selatan juga telah kita sampaikan kepada Bapak Sekjen Kemenhub. Semoga ini menjadi titik terang untuk pembangunan transportasi daerah," tutur Fitriany.


Pada pertemuan tersebut, tambah Pj Bupati Fitriany, Sekjen Kemenhub, Novie Riyanto juga menyampaikan bahwa, jika Citilink yang berada di bawah naungan Garuda Indonesia telah optimal beroperasi, maka Kemenhub RI akan memprioritaskan Citilink terbang ke Kabupaten Nagan Raya.


Selain itu, lanjut Fitriany, Kemenhub RI juga akan berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) agar menyediakan subsidi tiket penerbangan, khusus ke Bandara Cut Nyak Dhien.


"Tadi Pak Sekjen juga menyampaikan ke kita yang bahwasanya, Kabupaten Nagan Raya akan menjadi prioritas untuk penerbangan Citilink selanjutnya. Juga, beliau akan menyampaikan ke Kemenkeu RI terkait subsidi untuk kita," tutur Fitriany.


Untuk diketahui, Citilink adalah sebuah maskapai penerbangan bertarif rendah yang berada di bawah naungan Garuda Indonesia. Perusahaan ini berdiri tahun 2001 sebagai salah-satu unit bisnis strategis dan difungsikan sebagai salah-satu alternatif penerbangan bertarif rendah di Indonesia. 


Sejak tanggal 30 Juli 2012, Citilink secara resmi beroperasi sebagai entitas bisnis yang terpisah dari Garuda Indonesia setelah mendapatkan Air Operator Celtificate (AOC) Celtificate operator udara.**


Helman

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gelar Silahturahmi bersama Kabupaten Abar dan Abdya, Pj Bupati Nagan Raya : Kita membahas, mengsubsidikan Tiket Penerbangan Maskapai Citilink

Trending Now

Iklan