Iklan

Mewakili Pimpinan Daerah, Sekda Nagan Raya Ardimartha Membuka Focus Group Discussion (FGD)

Aceh
14 Maret 2023 | 08:48 WIB Last Updated 2023-03-14T01:48:52Z


Suka Makmue, Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas, AP, S.Sos., M.Si yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Ir. H. Ardimartha membuka acara Focus Group Discussion (FGD) yang mengusung tema Launching Kabupaten Nagan Raya Dalam Angka Tahun 2023 dan Pembinaan Statistik Sektoral.


Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Nagan Raya ini berlangsung di Aula Hotel Grand Nagan, Kecamatan Kuala kabupaten setempat, Senin (13/3/2023).


Dalam sambutannya, Sekda Ardimartha mengatakan BPS merupakan penyedia data statistik dasar yang bisa menggambarkan kondisi suatu wilayah secara makro.


Menurutnya, salah satu indikator untuk mengukur keberhasilan suatu pembangunan dapat dilihat dari kondisi data statistik sektoral karena pada dasarnya data sangat diperlukan sebagai acuan dalam pengambilan suatu kebijakan guna mencapai tujuan pembangunan yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


“Data statistik sektoral harus berkualitas karena memiliki peran yang sangat penting dalam pengambilan keputusan sehingga kebijakan yang diambil tepat sasaran," ucap Ardimartha.


Dikatakannya, Statistik merupakan potret kondisi masyarakat yang dituangkan dalam bentuk data yang mampu memberi daya dukung terhadap percepatan pembangunan di daerah.


Sekda juga berharap agar kegiatan ini dapat menjadi semangat dalam mengoptimalkan ketersediaan data dan peluang-peluang sinergi serta sasaran pembangunan yang tepat, sehingga tercapainya target dan sasaran pembangunan.



“Semoga melalui kegiatan ini dapat dioptimalkan dalam rangka memenuhi kebutuhan data yang berkualitas, supaya dapat dijadikan bahan dalam perencanaan pembangunan daerah yang terukur dan komprehensif,” pungkas Sekda Ardimartha.


Pada acara FGD tersebut juga dilakukan penyerahan buku "Kabupaten Nagan Raya Dalam Angka 2023" secara simbolis dari Kepala BPS Kabupaten Nagan Raya, Sardi, SE, M.Si kepada Sekda Kabupaten Nagan Raya, Ir. H. Ardimartha.


Selain itu, juga diserahkan sertifikat penghargaan kepada 3 (tiga) instansi yaitu Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya, Dinas Pendidikan Kabupaten Nagan Raya dan BMKG Kabupaten Nagan Raya sebagai satuan kerja berdedikasi tinggi dan tepat waktu dalam mewujudkan perlaksanaan pengumpulan data sektoral.


Sebelumnya, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Nagan Raya, Sardi, SE, M.Si, dalam laporannya menyampaikan kegiatan FGD tersebut dihadiri oleh 40 peserta dari SKPK/OPD di Kabupaten Nagan Raya serta mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kominfotik Kabupaten Nagan Raya selaku Walidata serta semua stakeholders yang telah membantu memberikan data yang diperlukan dalam penyusunan Kabupaten Nagan Raya Dalam Angka Tahun 2023.


"Terima kasih atas dukungan stakeholder terkait sehingga buku publikasi tahunan hari ini kita launching bersama dan dapat diakses juga melalui web BPS Kabupaten Nagan Raya," ucap Sardi


Lebih lanjut Sardi menjelaskan bahwa penyusunan publikasi ini yang merupakan program BPS secara nasional dan setiap tahun yang harus dipublikasikan dalam bentuk buku berstandar nasional.


“Alhamdulillah BPS Kabupaten Nagan Raya telah melaksanakannya dan dapat menyusun buku ini dengan baik, tepat waktu, serta telah dirilis pada tanggal 28 Februari 2023 yang lalu,” jelas Sardi.


Kegiatan FGD itu dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber dari BPS Kabupaten Nagan Raya, Kafie Achmad Aviev, S.Tr.Stat Statistisi Ahli Pertama dan dari Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Nagan Raya disampaikan oleh Kepala Bidang Statistik, Ferizal. M.Pd serta didampingi oleh Andy Syarifudin. SST. selaku moderator.


Turut hadir pada acara tersebut unsur Forkopimda, Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekda dan perwakilan OPD terkait di lingkup kabupaten setempat.**


Helman

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mewakili Pimpinan Daerah, Sekda Nagan Raya Ardimartha Membuka Focus Group Discussion (FGD)

Trending Now

Iklan