Iklan

Rutan Kelas II B Bengkayang Galang Donor Darah, Dalam Rangka Peringati Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke- 59 Tahun

Kalimantan Barat
20 Maret 2023 | 19:25 WIB Last Updated 2023-03-20T13:06:26Z

 


BENGKAYANG, KALBAR,- Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) Ke-59 Tahun 2023, Rutan kelas IIB Bengkayang melaksanakan kegiatan Bhakti Sosial Donor darah, dengan menggandeng RSUD Drs. Jacobus Luna, M.Si Bengkayang dan Palang Merah Indonesia Kabupaten Bengkayang di aula Rutan Kelas IIB Bengkayang. Senin, 20/02/2023.


Hadir pada kegiatan tersebut sebanyak 4 (empat) orang dari RSUD Drs. Jacobus Luna, M.Si Bengkayang, dan 2 (dua) orang dokter dan 4 (empat) orang relawan dari Palang Merah Indonesia Kabupaten Bengkayang. Sementara Rutan dihadiri langsung oleh Karutan dan didampingi Kasubsi Pelayanan Tahanan beserta seluruh jajarannya dan Regu pengamanan rutan, saling mendukung dalam kegiatan ini. Selain itu ada sebanyak 30 (tiga puluh) orang Warga Binaan Pemasyarakatan yang mendaftarkan diri dengan sukarela dalam kegiatan donor darah kali ini.


“Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-59 tahun ini kita akan melakukan giat Donor darah dilingkungan Rutan Kelas IIB Bengkayang, semoga kegiatan kita ini menjadi berkat bagi orang yang memerlukan," ungkap Karutan Keynes dihadapan seluruh calon pendonor.


Karutan juga menambahkan, diharapkan kedepan kita akan terus lakukan rutin giat donor darah di rutan terutama bagi warga binaan pemasyarakatan yang ingin turut serta dalam membantu saudara-saudara kita yang sangat membutuhkan. selain itu dengan melakukan donor darah secara rutin semua WBP berhak untuk memperoleh remisi tambahan bagi Narapidana atau Anak Pidana yang melakukan donor darah empat kali memperoleh remisi tambahan satu per dua dari remisi umum yang diperoleh pada tahun yang bersangkutan, tambahnya.


Kegiatan tersebut berlansung dengan lancar dan terkendali tanpa adanya hambatan apapun juga, dari beberapa orang yang mendaftarkan diri mereka pertama kali dilakukan observasi secara tertulis mandiri dan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan bagi setiap calon pendonor agar memenuhi kualifikasi sebagai pendonor karena dibutuhkan darah yang sehat dan siap dipergunakan untuk orang yang membutuhkan. Dari sejumlah calon pendonor yang mendaftar sebanyak 25 (dua puluh lima) orang yang layak untuk mendonor pada kegiatan kali ini.


Ditempat yang sama Budi A Md.Ak. Kepala unit transpusi darah RSUD Drs. Yakobus Luna M.Si Bengkayang menerangkan bahwa eangat menyambut baik dengan kegiatan donor darah serta berharap kerjasama ini dapat berjalan dengan baik dan berkelanjutan. Kegiatan donor darah ini sain sehat untuk pendonor juga bermanfaat.


“Kami menyambut baik kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh pihak rutan kelas IIB Bengkayang. Dan kami juga senang sekali karena dari Rutan sangat welcome kepada tim dari RSUD dan PMI. Kami merasa sangat diterima dan dilayani dengan baik," Ungkapnya.


Lebih lanjut Budi mengatakan,  Kami berharap kerjasama ini dapat berjalan dengan baik dan berkelanjutan di kemudian hari. Kegiatan donor darah ini selain sehat untuk pendonor juga ada manfaat lain buat para tahanan dimana bisa mengajukan remisi kemanusiaan seperti yang disampaikan pak Karutan tadi yaitu sebanyak 4 kali dapat memperoleh remisi kemanusiaan sebanyak ½ dari remisi umum yang diterima. 


Mereka juga merasa dapat membantu menyelamatkan jiwa nyawa orang lain yang lagi membutuhkan darah. Bagi RSUD adanya kegiatan donor darah seperti ini akan membantu tersedianya stok darah di RSUD dimana banyak masyarakat yang kesulitan mencari darah. *** HR




INJIL

====

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Rutan Kelas II B Bengkayang Galang Donor Darah, Dalam Rangka Peringati Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke- 59 Tahun

Trending Now

Iklan