Iklan

Syaiful Khair Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Melawi Tinjau Lahat Milik PT. RKA Yang Terbakar

Kalimantan Barat
19 April 2023 | 22:00 WIB Last Updated 2023-04-19T15:00:37Z


MELAWI, KALBAR,- Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Melawi, Syaiful Khair bersama sekretaris dinas, Yusuf Afandi serta didampingi para staf bidang perkebunan memantau lahan area perkebunan kelapa sawit milik PT Rafi Kamajaya Abadi (RKA). Rabu, 15/4/2023.


Lahan perkebunan sawit  milik PT. RKA yang berada di wilayah Dusun Tempurau, Desa Batu Buil, Kecamatan Belimbing, yang mengalami kebakaran lahan pada Minggu (16/4) malam yang lalu.


Kebakaran lahan yang sudah diantisipasi sebelumnya ini dapat dipadamkan secara cepat dengan menggunakan watercanon , alat berat, dan mesin robin.


Saat terjadi kebakaran Kapolres Melawi AKBP Muhammad Syafi'i.S.I.K.,S.H.,M.H, turun langsung bersama anggotannya, Turunkan AWC dan Inafis dalam menangulangi dan memadamkan titik api (hots spot) di lahan PT. RKA.


Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Melawi, Syaiful Khair menyampaikan agar setiap  perusahaan harus bersama-sama mengantisipasi kebakaran lahan," ungkapnya saat ditemui awak media  ketika meninjau lahan perkebunan PT. RKA.


"Perusahaan perkebunan di Melawi untuk selalu mewaspadai terjadinya kebakaran hutan dan lahan." Tegasnya.


Upaya pencegahan ini dapat dilakukan dengan mempersiapkan fasilitas yang memadai seperti menyiapkan menara api, regu pemadaman kebakaran, pompa dan kendaraan khusus pembawa air.


Syaiful sendiri menyebutkan sudah menyurati perusahaan-perusahaan perkebunan yang ada di Melawi untuk melakukan antisipasi mencegah terjadinya kebakaran.


"Mencegah terjadinya kebakaran lebih mudah ketimbang memadamkan lahan yang sudah terbakar," ungkapnya.


Saiful juga berpesan, kita harus upayakan agar kebakaran lahan tak lagi terjadi. Maka perlu kesepahaman semua pihak. Tidak hanya perusahaan, tapi juga masyarakat. Karena kebakaran lahan dan hutan merugikan kita semua," pesannya.  *** MN




SURAWAN

=========



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Syaiful Khair Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Melawi Tinjau Lahat Milik PT. RKA Yang Terbakar

Trending Now

Iklan