Iklan

DAD Kecamatan Bengkayang dan Para Tokoh Dukung Pemilu 2024 Damai

Kalimantan Barat
26 Mei 2023 | 13:09 WIB Last Updated 2023-05-26T06:09:20Z

 


BENGKAYANG, KALBAR,- Dewan Adat Dayak (DAD) di Wilayah Kecamatan Bengkayang Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat Mengadakan Fokus Group Discussion (FGD) dalan rangka mendukung terciptanya Pemilu Damai Tahun 2024 di aula kantor Camat Bengkayang. Kamis, 25/5/2023.


Hadir dalam kegiatan diskusi Publik FGD Camat Bengkayang, Heri Setiyono, S.STP., M.Si.Ketua DAD Kec. Bengkayang, Yulius Heri, M.Pd.KBO Sat Intelkam Polres Bengkayang, IPDA Bambang Rudiyanto beserta 5 personil. Kasi Trantib Kecamatan. Bengkayang, Tarigan. Kades, Todat dan Tomas yang ada di wilayah Kecamatan Bengkayang.


Dalam Diskusi tersebut,Ketua DAD Kecamatan Bengkayang Yulius Heri Mengapresiasi dan mengajak seluruh para agar mendukung terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif menjelang pemilu tahun 2024.


Menurut nya Sebagai warga negara Indonesia yang baik maka kita selaku Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat bersama pihak keamanan Polres Bengkayang mempunyai kontribusi penyambung antara masyarakat dan pemerintah agar dampaknya dapat dirasakan baik oleh semua kalangan masyarakat.


“Menjelang pemilu tahun 2024 bahwa setiap masyarakat berhak memberikan hak suaranya untuk kemajuan demokrasi bangsa dan bernegara, namun diharapkan kita juga harus selalu menjaga situasi keamanan agar pelaksanaan kegiatan tersebut tetap berjalan lancar dan kondusif,” ungkap Yulius Heri Ketua DAD Kecamatan Bengkayang.


Yulius Heri menungkapkan ada beberapa jalur alternatif  menyelesaikan permasalahan jika terjadi di masyarakat yaitu dalam bentuk Sanksi hukum Adat.


“Jika ada permasalahan di wilayahnya diharapkan kita selaku penengah dalam arti kata mempunyai kewenangan hukum adat dapat membantu setiap warganya menyelesaikan masalah tersebut secara kekeluargaan dengan seadil-adilnya." Ucapnya.


Kemudian, Menjelang even budaya Barape Sawa Kabupaten Bengkayang Tahun 2023. Ketua Dewan Adat Dayak Kecamatan Bengkayang juga mengajak semua pihak agar mendukung even Budaya Barape Sawa yang merupakan agenda rutin tidak lama lagi akan di selenggarakan.


 “Kita semua yang terlibat dalam ranah DAD wajib mendukung, karena acara tersebut merupakan salah satu ciri khas Budaya Dayak Bakati yang harus kita lestarikan, supaya dikenal luas oleh masyarakat lokal maupun luar daerah Kabupaten Bengkayang dalam membangun pariwisata dan menjaga budaya adat di Kabupaten Bengkayang.” Tegasnya


Dewan Adat Dayak Kecamatan Bengkayang berharap semua pihak terus berkontribusi membantu pemerintah dan pihak berwenang dalam mengatasi peredaran dan penyalahgunaan narkotika melalui himbauan dan sosialisasi kepada warga masyarakat agar generasi penerus dapat hidup bermanfaat bagi keluarga, lingkungan, bangsa dan negara.


Sementara itu,KBO Sat Intelkam Polres Bengkayang IPDA.Bambang mengapresiasi Diakusi Publik mendukung Terciptanya Pemilu Damai Tahun 2024.


“Sinergitas Polri bersama Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat mempunyai peran penting dalam menjaga toleransi kerukunan antar suku bangsa dan umat beragama, hal ini telah kita wujudkan dalam interaksi kehidupan sosial sehari-hari, Ungkap Ipda.Bambang


IPDA.Bambang Mengajak Menjelang pemilu 2024  TNI-Polri agar tetap berkomitmen bersikap Netral.


Sekaligus  menghimbau kepada steakholder agar  bersama-sama mengawal dan menjaga situasi kamtibmas supaya pesta demokrasi tersebut dapat berjalan lancar dan kondusif.



Selanjutnya,Kasi Trantib Pemerintah Kecamatan Bengkayang Tarigan menyampaikan dalam FGD kontribusi Steakholder para tokoh sangat Penting sebagai penyampai pesan-pesan kamtibmas yang positif kepada masyarakat untuk kepentingan dalam mencapai keharmonisan dan ketentraman bersama.


“Kecamatan Bengkayang rata-rata dihuni oleh masyarakat kalangan suku dan agama yang berbeda-beda, namun semua itu menjadi suatu bentuk dinamika untuk saling belajar memahami dan menghargai yang dinamakan toleransi ” jelas Kasi Trantib Pemerintah Kecamatan Bengkayang,Tarigan


Menurut Kasi Trantib Pemerintah Kecamatan Bengkayang Tarigan berharap lembaga adat dan tokoh-tokoh masyarakat menjadi panutan bagi masyarakatnya dalam mencapai kesejahteraan sosial.


“Lewat FGD kita harus bersepakat Atensi kita bersama-sama mengawal dan menjaga situasi kamtibmas menjelang pemilu 2024 supaya berjalan lancar dan kondusif," Tambahnya


Pemerintah Kecamatan Bengkayang Mengajak semua pihak bersama-sama melakukan pengawasan secara berkala terkait pemuda pemudi sekarang agar tidak terjerumus kedalam narkoba dan pernikahan dini, sehingga diharapkan sinergitas antar instansi terkait dan tokoh-tokoh masyarakat dapat membantu memberikan dampak yang baik kepada masyarakat. (Rbn)




INJIL

====

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • DAD Kecamatan Bengkayang dan Para Tokoh Dukung Pemilu 2024 Damai

Trending Now

Iklan