Iklan

DALAM RANGKA MENSUKSESKAN DAN MENDUKUNG PROGRAM PEMBINAAN KEMANDIRIAN BAGI WBP DI RUTAN BENGKAYANG DINAS PERIKANAN KABUPATEN BENGKAYANG SALURKAN BANTUAN BIBIT IKANBAIR TAWAR

Kalimantan Barat
16 Mei 2023 | 09:14 WIB Last Updated 2023-05-16T02:14:42Z

 


BENGKAYANG, KALBAR,- Hari Senin 15/5/2023 Rutan Kelas IIB Bengkayang kembali melakukan inovasi sistem pembinaan kemandirian bekerjasama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bengkayang. 


Adapun kerjasama yang dilakukan dengan dukungan luar biasa yaitu dengan menyediakan bibit ikan air tawar yang akan diberikan kepada Rutan untuk dijadikan program pengembangbiakan ikan air tawar seperti Ikan Nila, Ikan Mas. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut program pembinaan kemandirian yang dilaksanakan bagi Warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Rutan Bengkayang.


Rutan Bengkayang memiliki luas lahan keseluruhan kurang lebih 6,3 Ha yang sudah barang tentu banyak lahan kosong yang tidak dipergunakan atau produktif, apalagi topografi lahan Rutan secara umum adalah datar dan rawa kering dan basah yang bisa aliri dengan air yang sangat berlimpah. 


Hal ini bisa menjadikan tujuan utama dari kesuksesan program pembinaan bersama-sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkayang dalam hal ini Dinas Perikanan yang sudah mempersiapkan bibit ikan tersebut untuk di aplikasikan kedalam kolam-kolam ikan yang ada dilingkungan Rutan saat ini. 


Pembinaan ini bertujuan agar WBP yang terjun menangani budidaya dan pengembangbiakan ikan tersebut mendapatkan pengalaman berharga dari usaha yang mereka lakukan selama disini, sesuai dengan Tujuan Pemasyarakatan adalah  untuk membentuk warga binaan pemasyarakatan agar menjadi manusia seutuhnya, menyadari kesalahan, memperbaiki diri dan tidak mengulangi tindakan pidana sehingga masyarakat dapat menerima mereka kembali.


“Kami sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah bersedia menjalin kerjasama dengan Rutan Bengkayang, terutama pada hari ini terima kasih kami khusus kepada Dinas Perikanan Kab.Bengkayang, semoga kita terus bisa saling kerjasama” kata Karutan Keynes.


Pembinaan seperti ini bukan hanya satu lini sektor saja yang harus dikembangkan namun kami masih sangat membutuhkan dukungan dari semua pihak agar program pembinaan bisa berjalan secara maksimal.


“Program Pembinaan ini diharapkan tidak hanya saat mereka (WBP) berada dalam Rutan Bengkayang saja namun juga akan berkelanjutan dan terus berproduksi hingga mereka selesai pembinaan disini, agar tercapai insan manusia yang baru tidak lagi tergantung dengan hal-hal yang tidak baik atau melawan hukum lagi” harap Keynes selaku Karutan Bengkayang.


Sementara itu Kepala Dinas Perikanan Kab.Bengkayang Erlianus melalui Penyuluh Perikanan Radianus yang turun langsung memberikan bantuan ke Rutan menyampaikan bahwa pemberian bantuan benih ikan ini sekain Rutan Bengkayang juga kami diberikan kepada Kompi Zipur Bengkayang.


"Harapan kami semoga dengan adanya bantuan benih ikan ini dapat memberikan motivasi buat warga binaan pemasyarakatan agar suatu saat nanti bisa mengembangkan Perikanan budidaya, sehingga bisa mempunyai nilai ekonomi untuk membantu serta menopang kehidupan dan memenuhi kebutuhan gizi keluarga paling tidak, saat mereka sudah diluar nanti ditengah-tengah masyarakat sudah ada ilmu budidaya perikanan" Tutup Radianus mengakhiri harapan Dinas Perikanan Kabupaten Bengkayang selaku mitra kerja Rutan Kelas IIB Bengkayang dalam melakukan pembinaan kemandirian yang berkelanjutan.



Sumber Humas


INJIL

====

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • DALAM RANGKA MENSUKSESKAN DAN MENDUKUNG PROGRAM PEMBINAAN KEMANDIRIAN BAGI WBP DI RUTAN BENGKAYANG DINAS PERIKANAN KABUPATEN BENGKAYANG SALURKAN BANTUAN BIBIT IKANBAIR TAWAR

Trending Now

Iklan