Iklan

Gabungan Serikat Buruh / Pekerja Kabupaten Bengkayang Peringati Hari Buruh Internasional (May Day). "Hal Ini Yang Di Sampaikan.

Kalimantan Barat
01 Mei 2023 | 23:04 WIB Last Updated 2023-05-01T16:04:10Z


BENGKAYANG, KALBAR,- Hari Buruh atau May Day diperingati setiap 1 Mei. Di Indonesia, Hari Buruh dijadikan hari libur nasional berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2013. Di  kabupaten Bengkayang momen ini buruh/pekerja laksanakan kegiatan dengan mengadakan Jalan sehat. Yang di buka langsung oleh Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis SE MM. Senin, 1/5/2023.


Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis SE MM, Kapolres Bengkayang AKBP Dr.Bayu Suseno S.H . S I K.M M .MH.Wakil Bupati Bengkayang Drs.H Syamsul Rizal,Pabung Kodim 1202/Skw Mayor Inf.Katirin, Danramil Bengkayang Pelda Yuvinus Weto.UPD Pemda kabupaten Bengkayang, Koordinator buruh, Kusnadi Serta para buruh/Pekerja sejumlah 100-an orang.


Dalam kesempatan tersebut pekerja/buruh kabupaten Bengkayang menyampaikan point'  Aspirasi atau Petisi Kepada Perusahaan di kabupaten Bengkayang serta pemerintah daerah kabupaten Bengkayang Yang di bacakan oleh Beni. Di ikuti seluruh peserta buruh/Pekerja yang hadir.


Kepada pihak perusahaan

1.Membuat dan menetapkan penetapan uoah berdasarkan struktur uoah dan skala upah

2.Merubah dan menetapkan status buruh harian lepas menjadi pekerja waktu tertentu (PKWT)

3.Mengikut sertakan seluruh pekerja PKWT pada jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS kesehatan 

4.Tidak boleh Mem-PHK sepihak tanpa alasan yang jelas.

5.Memenuhi hak-hak dan mensejahterakan pekerja/Buruh.


Sementara itu Kepada pihak pemerintah daerah kabupaten Bengkayang Buruh/Pekerja Menyampaikan 4 point Aspirasi/Petisi diantaranya

1.Memberi penegasan kepada seluruh perusahaan untuk memenuhi seluruh hak-hak pekerja/buruh.

2.Segera mengeluarkan produk hukum yang mengatur tentang harga satuan bongkar barang di seluruh kabupaten Bengkayang

3.Memperhatikan dan melindungi hak-hak pekerja non Formal yang bekerja di toko,Rumah Makan,Penginapan Dan lain-lain

menyediakan tenaga mediator untuk menyelesaikan perselisihan hubungan industrial 


Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis SE MM dalam sambutannya mengatakan Sangat mengapresiasi serta penghargaan yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya  peringatan hari buruh internasional momentum ini dapat meningkatkan sinergitas positif yang terjalin antara Pekerja,Pengusaha dan Pemerintah.


"Saya sangat mengapresiasi setinggi-tingginya atas terselenggaranya peringatan hari buruh internasional ini,Semoga momentum ini dapat meningkatkan sinergitas positif yang terjalin antara Pekerja, Pengusaha dan Pemerintah kabupaten Bengkayang.Hari buruh internasional (May Day)Yang kita peringati setiap tanggal 1 mei. Pada tahun ini May Day mengambil tema "Merajut Kebersamaan Pekerja Dan Pengusaha Di Hari Yang Fitri "Ujarnya


Lanjutnya  menambahkan bahwa Komitmen yang baik untuk mewujudkan hubungan kerja yang sehat ,Baik dan saling menghargai akan menghasilkan senergisitas baik antara pekerja dan pengusaha untuk saling bahu membahu memajukan perusahaan.


"Hendaknya menjadi momentum dan pengingat bagi kita semua,Untuk senantiasa berkomitmen mengedepankan Profesionalitas dan hubungan kerja yang sehat serta senantiasa memelihara hubungan yang baik dengan para pekerja, Pengusaha dan juga komitmen yang baik untuk mewujudkan hubungan kerja yang sehat dan saling menghargai akan menghasilkan sinergitas baik antara pekerja dan pengusaha untuk saling bahu-membahu dalam memajukan perusahaan Sebab tanpa Buruh perusahaan teraebut tidak akan maju.Pada dasarnya pengusaha dan pekerja adalah mitra yang bekerja bersama-sama untuk mewujudkan tujuan perusahaan,Oleh karena itu keadilan dan rasionalitas harus di kedepankan dalam menjalin hubungan Antara pekerja dan pengusaha. Sehingga di harapkan dapat terciptanya hubungan yang harmonis dan saling menguntungkan. Ucapnya


Sebastianus Darwis juga menambahkan melalui momentum peringatan hari buruh internasional, Bangun keharmonisan dalam hubungan kerja serta ciptakan symbiosis mutualisme berazaskan keadilan dan berlandaskan Profesionalitas.


"Melalui momentum peringatan hari buruh internasional ini mari kita bangun keharmonisan dan hubungan dalam hubungan kerja serta ciptakan symbiosis mutualisme yang berazaskan keadilan dan berlandaskan profesionalitas.Sadari antara para pekerja, Pengusaha dan pemerintah adalah hal positif dan patut di pertahankan agar senantiasa berjalan dengan serasi dan harmonis pemerintah kabupaten Bengkayang berkomitmen untuk melakukan pembinaan dan pendampingan kepada pengusaha maupun pekerja terkait ketenagakerjaan. Untuk itu kepatuhan pengusaha memenuhi norma-norma ketenagakerjaan menjadi sebuah prioritas.Sebab ketidak patuhan inilah yang menimbulkan perselisihan antara hubungan industrial yang dapat mengganggu iklim investasi.Untuk itu saya meminta kepada pengusaha dan pekerja melaksanakan kewajibannya dan mendapatkan hak-haknya sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.Pungkasnya.


Penulis Injil

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gabungan Serikat Buruh / Pekerja Kabupaten Bengkayang Peringati Hari Buruh Internasional (May Day). "Hal Ini Yang Di Sampaikan.

Trending Now

Iklan