Iklan

Presiden Jokowi Resmikan WHOOSH, Kereta Cepat Pertama di Indonesia dan Asia Tenggara

relasinasional
02 Oktober 2023 | 16:59 WIB Last Updated 2023-10-02T09:59:54Z

 

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana meresmikan Kereta Cepat WHOOSH, Jakarta-Bandung (KCJB), Senin, 2 Oktober 2023.
Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana meresmikan Kereta Cepat WHOOSH, Jakarta-Bandung (KCJB), Senin 2 Oktober 2023.

JAKARTA - Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana meresmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dengan kecepatan mencapai 350 kilometer per jam di Stasiun Halim, Jakarta, pada Senin 2 Oktober 2023. WHOOSH, begitu nama yang diberikan untuk kereta cepat ini, menjadi yang pertama di Indonesia dan juga Asia Tenggara.


Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mengucapkan, "Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Kereta Cepat Jakarta Bandung WHOOSH saya nyatakan dioperasikan." Beliau juga menjelaskan bahwa nama WHOOSH dipilih sebagai nama kereta ini, terinspirasi oleh suara gemuruh yang melesat dari kereta berkecepatan tinggi ini. Nama tersebut juga merupakan singkatan dari "waktu hemat," "operasi optimal," dan "sistem hebat."


Selain itu, Presiden menyoroti bahwa KCJB adalah bukti komitmen pemerintah Indonesia dalam modernisasi transportasi massal yang efisien, ramah lingkungan, dan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya serta TOD (transit oriented development).


Presiden menegaskan bahwa KCJB adalah tonggak sejarah bagi Indonesia, dan beliau berharap bahwa para pejabat dan staf pemerintah tidak akan ragu untuk menjalankan eksperimen dan terlibat dalam pengembangan proyek-proyek transportasi massal lainnya. Meskipun dalam perjalanan tersebut akan ada tantangan yang tak terduga, kesulitan, dan hambatan, Presiden meyakinkan bahwa pengalaman tersebut memiliki nilai yang sangat berharga.


"Biaya kesalahan juga akan makin menurun dan pada akhirnya biaya produksi, biaya proyek, lama-kelamaan juga akan makin rendah," ujar Presiden.


Dalam konteks tersebut, Presiden mengajak jajaran pemerintahan untuk tetap semangat dan bersedia menerima kritik dari masyarakat sebagai masukan yang konstruktif dalam upaya memajukan pembangunan di Tanah Air. Beliau menekankan pentingnya keberanian untuk mencoba hal-hal baru, yang akan memberikan kepercayaan kepada generasi muda Indonesia dan mendukung kemajuan bangsa.


Setelah upacara peresmian, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana, bersama dengan rombongan, melanjutkan perjalanan dengan menggunakan KCJB menuju Stasiun Padalarang. Hadir dalam peresmian ini sejumlah pimpinan lembaga negara, Menteri Kabinet Indonesia Maju, serta pimpinan fraksi dan anggota DPR RI. (mis/red)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Presiden Jokowi Resmikan WHOOSH, Kereta Cepat Pertama di Indonesia dan Asia Tenggara

Trending Now

Iklan