Iklan

Wakil Menteri LHK Pimpin Langkah Penanganan Darurat Karhutla di Kalimantan Selatan

relasinasional
02 Oktober 2023 | 16:31 WIB Last Updated 2023-10-02T09:31:47Z

 

Alue Dohong
Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Alue Dohong, secara langsung memimpin rapat koordinasi dan aksi pengendalian karhutla pada Minggu (01/10/2023).

KALSEL - Dalam upaya percepatan penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalimantan Selatan, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Alue Dohong, secara langsung memimpin rapat koordinasi dan aksi pengendalian karhutla pada Minggu (01/10/2023), diikuti dengan kepemimpinan dalam upaya gabungan pengendalian karhutla di Kalimantan Selatan pada Senin (02/10/2023).


Alue Dohong, didampingi oleh Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan (PKTL) KLHK Hanif Faisol Nurofiq serta wakil dari Ditjen PPI dan Ditjen KSDAE, memimpin rapat koordinasi penanganan darurat karhutla di Kalimantan Selatan. Kegiatan ini melibatkan pihak-pihak seperti Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Korem 101/Antasari, Polda Kalsel, dan instansi terkait lainnya, dan diadakan di Posko lapangan Guntung Damar Banjarbaru.


Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama dengan Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan terlibat dalam upaya pemadaman kebakaran lahan gambut di daerah Guntung Damar dan Hutan Lindung Liang Anggang. Proses pemadaman dilakukan hingga larut malam dan diteruskan ke hari berikutnya.


"Kondisi ini bersifat darurat, dan prinsipnya adalah kolaborasi semua pihak dengan mobilitasi penuh sumber daya, termasuk tenaga kerja dan peralatan. Kami menerapkan strategi pemadaman di darat dengan penggunaan water bombing." tegas Alue Dohong.


Dirjen PKTL menyampaikan dalam rapat koordinasi, "Saat ini situasi karhutla di Kalimantan Selatan sangat kritis, dengan tingkat polusi udara yang meresahkan di wilayah Banjarmasin dan Banjarbaru, serta peningkatan kasus ISPA. Ini memerlukan perhatian serius dan langkah-langkah percepatan dalam penanganannya."


Dalam upaya percepatan penanganan karhutla di beberapa wilayah di Provinsi Kalimantan Selatan, termasuk di sekitar bandara Syamsuddin Noor Kota Banjarbaru dan beberapa kabupaten rawan karhutla, diperlukan evaluasi mendalam tentang masalah yang dihadapi dan perencanaan tindakan jangka pendek dan menengah yang sinergis dan komprehensif.


Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah aktif mengkoordinasikan upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan sejak prediksi munculnya fenomena El Nino di awal tahun 2023. Upaya-upaya untuk pencegahan, pemadaman, dan penanganan pasca-kebakaran telah ditingkatkan sepanjang bulan September hingga Oktober, yang diperkirakan menjadi puncak musim kemarau tahun ini. (mis/red)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wakil Menteri LHK Pimpin Langkah Penanganan Darurat Karhutla di Kalimantan Selatan

Trending Now

Iklan