Iklan

Portugal Lolos ke 16 Besar Setelah Menang 3-0 atas Turki di Piala Eropa 2024

relasinasional
23 Juni 2024 | 01:26 WIB Last Updated 2024-06-22T18:28:59Z

 

Portugal VS Turki
DORTMUND, JERMAN - 22 JUNI: Bernardo Silva dari Portugal mencetak gol pertama timnya selama pertandingan penyisihan grup UEFA EURO 2024 antara Turkiye dan Portugal di Stadion Sepak Bola Dortmund pada 22 Juni 2024 di Dortmund, Jerman. (Foto oleh Alex Gottschalk/DeFodi Images via Getty Images).

OLAHRAGA - Portugal berhasil meraih kemenangan 3-0 atas Turki pada matchday kedua Grup F Piala Eropa 2024. Hasil ini memastikan Selecao das Quinas melaju ke babak 16 besar.


Pertandingan antara Turki dan Portugal berlangsung di Signal Iduna Park, Dortmund, Jerman, pada Sabtu (22/6) malam pukul 23.00 WIB. Bernardo Silva membuka keunggulan untuk Portugal pada menit ke-21.


Keunggulan Portugal bertambah setelah Samet Akaydin membuat gol bunuh diri pada menit ke-28. Skor 2-0 untuk Portugal menutup babak pertama.


Portugal menambah satu gol lagi di babak kedua melalui Bruno Fernandes pada menit ke-55. Cristiano Ronaldo dkk mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 3-0.


Kemenangan ini menempatkan Portugal di puncak klasemen Grup F dengan enam poin, unggul tiga poin dari Turki yang berada di posisi kedua.


Jalannya Pertandingan


Portugal langsung mengancam pada menit ketiga. Menerima umpan silang dari Bernardo Silva, Cristiano Ronaldo melepas sepakan voli yang sayangnya masih terlalu lemah dan mudah diamankan kiper Turki, Altay Bayindir.


Turki mencoba merespons beberapa saat kemudian melalui Kerem Akturkoglu, namun sontekannya masih melenceng dari sasaran.


Selecao das Quinas mulai mendominasi pertandingan. Rafael Leao menyundul bola kiriman Ronaldo, tetapi Bayindir kembali mampu mengamankannya.


Gol pertama Portugal tercipta pada menit ke-21. Berawal dari tusukan Nuno Mendes di sisi kiri, umpan tariknya tidak mampu dihalau dengan baik oleh barisan belakang Turki. Bernardo Silva yang berada di posisi tepat, langsung menyambar bola liar menjadi gol.


Keunggulan Portugal bertambah pada menit ke-28. Kesalahan fatal dilakukan Samet Akaydin yang bermaksud melakukan back pass, namun bola tidak mengarah ke Bayindir yang sudah meninggalkan gawangnya. Bola bergulir ke gawang sendiri dan tidak sempat disapu oleh bek Turki.


Turki berusaha bangkit melalui usaha Akturkoglu, namun tendangannya berhasil dibendung oleh kiper Portugal, Diogo Costa.


Di akhir babak pertama, Turki meningkatkan intensitas serangan. Costa kembali beraksi dengan menangkap tembakan mendatar Orkun Kokcu. Skor 2-0 untuk Portugal bertahan hingga babak pertama usai.


Pada babak kedua, Portugal tetap menyerang. Gol ketiga tercipta pada menit ke-55 ketika Ronaldo berhasil lolos dari perangkap offside. Meski tinggal berhadapan dengan Bayindir, Ronaldo tidak egois dan memberikan bola kepada Bruno Fernandes yang dengan tenang menyontek bola menjadi gol.


Setelah unggul tiga gol, Portugal menurunkan tempo permainan. Turki mencoba memanfaatkan situasi ini untuk menyerang, tetapi tekanan dari anak asuh Vicenzo Montella tidak cukup tajam. Justru Portugal yang masih bisa mengancam melalui serangan balik.


Bernardo Silva hampir mencetak gol kedua, namun umpannya terlalu dekat dengan Bayindir. Hingga peluit akhir berbunyi, skor tetap 3-0 untuk kemenangan Portugal.


Dengan kemenangan ini, Portugal memastikan tempat di babak 16 besar Piala Eropa 2024.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Portugal Lolos ke 16 Besar Setelah Menang 3-0 atas Turki di Piala Eropa 2024

Trending Now

Iklan