Ads

---

Meriahkan Maulid Nabi, Lapas Kelas IIB Bireuen Gelar Lomba Azan dan Tahfiz

Relasi Nasional
Selasa, 23 November 2021 | 21:07 WIB Last Updated 2021-11-23T14:08:27Z

Meriahkan Maulid Nabi, Lapas Kelas IIB Bireuen Gelar Lomba Azan dan Tahfiz

Relasi Nasional | Bireuen - Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad saw 1443 H, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Bireuen menggelar lomba Azan dan Tahfiz Al-Qur'an bagi seluruh warga binaan. Kalapas Bireuen Abas Ruchandar didampingi Para Pejabat Struktural membuka langsung kegiatan tersebut di Mushalla Al-Insaf setempat, Selasa (23/11/2021).

Dalam sambutannya Abas mengatakan kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad saw sekaligus sebagai tolak ukur keberhasilan pembinaan keagamaan, serta apresiasi bagi warga binaan yang telah aktif mengikuti pembinaan selama ini.

"Dalam perlombaan ini bukan dilihat siapa menang atau kalah, melainkan sikap mengamalkan ilmu yang telah didapat, serta sebagai ajang mempererat tali silaturahmi antar warga binaan dan petugas," terangnya

Sementara itu, Kasubsi Bimbingan Kemasyarakatan, Hisrijal yang juga selaku Koordinator Kegiatan menambahkan, untuk lomba tahfiz ada 3 aspek yang dinilai yaitu Tajwid, kelancaran hafalan, serta kemampuan sambung ayat. Sementara untuk lomba azan ada 3 aspek, yakni Makhraj, irama dan adab. Penilaian itu sendiri dilakukan oleh Dewan Juri yang berasal dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bireuen.

Adapun peserta yang mengikuti adalah dipilih perwakilan terbaik dari setiap kamar hunian yang selama ini telah aktif mengikuti program pembinaan keagamaan setiap minggunya. Diantaranya adalah 40 orang peserta azan dan 20 orang peserta untuk Tahfiz Al-Quran dengan waktu pelaksanaan selama 4 hari yaitu tanggal 23, 24, 25 dan 30 November 2021.


Hisrijal juga menerangkan, kegiatan ini semoga terus bisa kami lakukan bagi warga binaan LP II B Bireuen dan kegiatan ini hasil kerja sama dengan kemenag Kab Bireuen dalam pembinaan kepribadian warga binaan LP kelas II B Bireuen, yang dilaksanakan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, demi menekan penyebaran virus covid-19.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Meriahkan Maulid Nabi, Lapas Kelas IIB Bireuen Gelar Lomba Azan dan Tahfiz

Trending Now