Iklan

Peringati Hari PPOK Sedunia, PDPI Aceh Gelar Senam Pernafasan dan Cek Kesehatan Paru di Blang Padang

relasinasional
14 November 2021 | 11:09 WIB Last Updated 2021-11-14T04:09:54Z

Peringati Hari PPOK Sedunia, PDPI Aceh Gelar Senam Pernafasan dan Cek Kesehatan Paru di Blang Padang


Relasi Nasional | Banda Aceh - Dalam rangka Hari PPOK Sedunia Perkumpulan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Cabang Aceh dengan bangga hadir menyapa masyarakat Aceh dengan kegiatan penyuluhan kesehatan, konsultasi, dan pemeriksaan kesehatan paru gratis.


Kegiatan ini dilaksanakan pada pagi hari Minggu, 14 November 2021 jam 07.00 sampai 09.30, bertempat di panggung utama Lapangan Blang Padang Banda Aceh.


Selain kegiatan edukasi kepada masyarakat umum, PDPI Aceh juga melaksanakan Seminar secara Virtual yang akan diikuti oleh semua anggota PDPI dan terbuka untuk Dokter Umum seluruh Aceh. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan skill dan pengetahuan tenaga kesehatan di Aceh khususnya Dokter untuk memberikan layanan terbaik dan terupdate untuk pasien dengan PPOK sesuai dengan evidence based dan rekomendasi terbaru,
Ujar dr. Ferry Dwi Kurniawan Sp.P (K) selaku ketua PDPI Aceh


Menurut dr. Ferry Dwi Kurniawan, PhD, Sp.P (K) yang juga Pengajar/KSM Pulmonologi dan kedokteran Respirasi USK, Penyakit Paru Obstruksi Kronis (PPOK) menjadi ancaman serius yang mengganggu kegiatan sosial ekonomi masyarakat jika tidak dilakukan manajemen tatalaksana terapi yang tepat

Hal ini diperparah dengan rendahnya pengetahuan masyarakat terkait faktor resiko penyebab PPOK dan tatacara perawatan pasien PPOK di rumah guna mencegah kekambuhan.

Kedepan kita berencana setiap setahun sekali World COPD Day dilaksanakan. COPD atau di Indonesia dikenal dengan PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronis) merupakan suatu penyakit yang umumnya dapat dicegah dan ditangani, yang ditandai dengan adanya gejala pernapasan yang persisten dan keterbatasan aliran udara pernapasan karena adanya abnormalitas pada saluran napas dan atau alveolus yang biasanya disebabkan oleh pajanan yang signifikan terhadap partikel atau gas beracun.


PPOK biasanya dialami oleh perokok atau yang bekerja di tempat yang ada polusinya.PPOK biasanya dialami oleh orang yang berusia 40 tahun ke atas.
Apalagi di Aceh merokok dan ngopi adalah salah satu kegiatan yang tersering atau budaya atau sudah menjadi tradisi hari setiap kebanyakan warga Aceh khususnya para pria.untuk itulah dibutuhkan penyuluhan bahaya paparan perokok pasif serta obat-obatan bagi penderita agar tetap sehat,” ucap dr. ferry

Dalam Acara World COPD Day disertai juga dengan Senam pernafasan, yang membuat antusiasme pengunjung Blang Padang untuk mengikuti kegiatan ini.

Semoga dengan adanya acara ini dapat menambah pengetahuan masyarakat dan tenaga kesehatan, sehingga penyakit PPOK di Indonesia khususnya Aceh dapat menurun dan tertangani dengan baik sehingga meningkatkan kualitas hidup masyakat Aceh.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peringati Hari PPOK Sedunia, PDPI Aceh Gelar Senam Pernafasan dan Cek Kesehatan Paru di Blang Padang

Trending Now

Iklan