Ads

---

FISIP Unimal Gelar Bimtek Menuju Prodi Akreditasi Unggul

Relasi Nasional
Rabu, 15 Desember 2021 | 00:00 WIB Last Updated 2021-12-14T17:13:00Z

FISIP Unimal Gelar Bimtek Menuju Prodi Akreditasi Unggul

 
Relasi Nasional | Lhokseumawe - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) Universitas Malikussaleh menggelar kegiatan bimbingan teknik (BIMTEK) dan silaturahmi bersama Asesor Ilmu Komunikasi BANPT sekaligus ketua ASPIKOM korwil SUMUT, Dra. Dewi Kurniawati, M.si, Ph.D di ruang rapat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, Selasa 14 Desember 2021.

Kegiatan bimbingan teknik sekaligus silaturahmi itu mengangkat tema “Menuju Prodi Dengan Peringkat Akreditasi Unggul Melalui ISK dan Reakreditasi”. Acara bimbingan teknik ini di buka oleh Dr. M. Nazaruddin, SS.,M.Si selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Dalam pembukaannya, Nazaruddin menjelaskan bahwa kegiatan tersebut diwakili masing-masing ketua prodi jurusan Fakultas Ilmus Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Selain itu, Nazaruddin juga menjelaskan bahwa ada setidaknya ada enam program studi sarjana 1 dan dua program studi untuk master di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh.


Nazaruddin juga menuturkan tujuan dari bimbingan teknik ini selain untuk menjalin silaturahmi bersama Asesor Dra. Dewi Kurniawati, juga untuk membagi trik dan tips untuk menuju prodi dengan akreditasi yang unggul.

Seperti yang sama-sama kita ketahui bahwa akreditasi ini merupakan sebuah penilaian kualitas dan mutu pada sebuah lembaga. Akreditasi ini begitu penting untuk keberlangsungan sebuah lembaga. Salah satunya lembaga seperti Universitas, nah kita perkecil untuk sebuah lembaga kejurusan. Akreditasi itu untuk menjaga dan menjamin kualitas dan mutu dari lulusan sebuah jurusan atau universitas, begitu. Jadi kehadiran Ibu Dewi sepertinya membawa angin segar untuk kita semua, kiranya dengan hadirnya Ibu Dewi bisa memberikan motivasi kepada kita untuk terus meningkat kualitas jurusan kita menuju akreditasi unggul seperti tema kita pada hari ini,” tutur Nazaruddin.

Sementara itu, Dewi Kurniawati sebagai narasumber pada bimbingan teknik mengatakan, ada beberapa upaya yang harus dilakukan untuk melakukan proses akreditasi yang bertaraf unggul, seperti pengelolaan prodi, mahasiswa, dan lain sebagainya.

“Seperti tujuan akreditasi unggul itu sendiri yaitu untuk mengetahui jaminan mutu program studi, kualitas mahasiswa dan perguruan tinggi, maka hal-hal yang hal utama yang harus di persiapkan tentu jaminan mutu dan kualitas dari prodi ataupun mahasiswanya sendiri. Selain itu barulah, pengisiang boring, standar akreditasi, penilaian, biaya, kontrol mutu, kompetensi tim akreditasi dan lain sebagainya,” ujar Dewi

Bimtek dan silaturahmi tersebut berjalan lancar dengan antusias para peserta yang hadir. Hal itu terlihat dari sejumlah pertanyaan yang dilontarkan oleh para peserta terkait bagaimana proses menuju prodi dengan akreditasi unggul.

Di akhir acara, Dra. Dewi Kurniawati mengadakan sesi tanda tangan MOU dan MOA kepada seluruh peserta yang hadir, kemudian di lanjutkan dengan pemberian cendramata oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik kepada Dra. Dewi Kurniawati. Kegiatan Bimtek dan silaturahmi ini pun ditutup dengan sesi foto bersama.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • FISIP Unimal Gelar Bimtek Menuju Prodi Akreditasi Unggul

Trending Now