Iklan

Pasca Banjir, KUA Lhoksukon Bersihkan Endapan Lumpur dan Terima Layanan Masyarakat

relasinasional
07 Januari 2022 | 09:49 WIB Last Updated 2022-01-11T06:39:46Z

Pasca Banjir, KUA Lhoksukon Bersihkan Endapan Lumpur dan Terima Layanan Masyarakat

 

Relasi Nasional | Lhoksukon - Seperti diketahui, sepekan lalu Aceh Utara dilanda musibah banjir hampir menyeluruh diseluruh kecamatan wilayah Kabupaten Aceh Utara.

Salah satu Kecamatan terdampak banjir yang juga termasuk parah adalah di Kecamatan Lhoksukon.

Banjir yang menerjang Kota Lhoksukon mulai Jum'at 31 Desember 2021 lalu, mengakibatkan beberapa daerah terkena dampak. Termasuk Kantor Urusan Agama (KUA) Kec. Lhoksukon tersebut turut tergenang.


Apa lagi, keberadaan KUA Lhoksukon ini di tempat yang rendah, begitu mudah terdenteksi banjir apa lagi saat musim hujan. Tepat nya disamping lampu merah Kota Lhoksukon, sebagaimana video yang beredar di media sosial, bahwa arus air yang melewati di jalan simpang lampu merah ini sangat dahsyat.

Seperti diberitakan sebelumnya, bahwa sampai hari ke 3 banjir, kondisi air di dalam Kantor KUA ini masih mencapai 1 meter lebih.

Bersihkan Endapan Lumpur

Pasca terendam banjir, pegawai dan staf KUA kompak untuk melakukan pembersihan. Mereka bergotong royong membersihkan tanah bercampur lumpur yang masuk di area perkantoran, Kamis (06/01/2022).

Kepala KUA Lhoksukon Shaifuddin Fuady, S.Ag., MA mengatakan, banjir mengakibatkan tanah bercampur lumpur masuk dan memenuhi berbagai sudut kantornya. Awal pembersihan juga sedikit terhambat. Sebab pompa air di sana terendam air. Sehingga tidak berfungsi dan pembersihan kurang maksimal.

Kami terpaksa mengangkut air sumur untuk membersihkan sisa-sisa lumpur tersebut,” jelasnya.

Lanjutnya, banjir tersebut mengakibatkan KUA Lhoksukon mengalami kerugian materil berupa kerusakan.

"Kerusakan diantaranya pintu depan, jendela kaca depan pecah, 4 meja 1/2 biro rusak berat, 7 kursi futura rusak berat (tidak bisa dipakai lagi, pintu ruang administrasi rusak berat, 5 kunci pintu harus diganti, 3 lemari arsip rusak berat, 1 lemari arsip 3 pintu rusak berat, 1 meja biro rusak berat, dan 1 lemari/rak arsip 5 pintu rusak berat serta 7 kursi kursi plastik rusak berat," jelasnya.

Terima Layanan Masyarakat

Sesaat lagi melakukan pembersihan endapan lumpur, sejumlah masyarakat mendatangi KUA Lhoksukon untuk menyampaikan maksud dan tujuannya.

Diantaranya melakukan pendaftaran nikah dan untuk melaksanakan uji tes baca Al-Qur'an bagi calon Kepala Desa (Kades) di salah satu Desa dalam wilayah Kecamatan Lhoksukon.

Demi tercapainya pelayanan prima, walau dalam kondisi darurat pihak KUA Lhoksukon segera membersihkan endapan lumpur dan memberikan pelayanan pada saat itu juga.

"Alhamdulillah, walau dalam kondisi darurat kami tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat yang telah mendatangi KUA, agar mereka pun tidak kecewa dengan harapan dan tujuannya masing-masing," tutur Shaifuddin. (Murhaban)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pasca Banjir, KUA Lhoksukon Bersihkan Endapan Lumpur dan Terima Layanan Masyarakat

Trending Now

Iklan