iklan

---

Stop Sebarkan Hoax, Yuk Gunakan Smartphone Anda dengan Bijak

Relasi Nasional
Sabtu, 01 Januari 2022 | 19:48 WIB Last Updated 2022-01-02T05:32:11Z

Stop Sebarkan Hoax, Yuk Gunakan Smartphone Anda dengan Bijak

Relasi Nasional | Artikel - Di era yang modern ini, kita pasti tidak asing lagi mendengar kata smartphone. Setiap tahun teknologi semakin canggih. Namun setiap hari atau bisa dikatakan setiap jamnya akibat kecanggihan teknologi tersebut banyak sekali tingkat kejahatan dunia maya berkeliaran.

Saat ini banyak yang mengakses dan menyebarkan informasi tidak sesuai akan kenyataan yang terjadi. Mereka yang belum tau pasti jalan cerita malah membuat sesuai prediksi mereka saja.
Banyak informasi yang diakses didunia maya tidaklah benar. Isi tentang beritanya banyak yang dibuat-buat atau hanyalah palsu semata, yang dimana dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Jadi Kita sebagai pengguna internet harus pintar-pintar menggunakan dunia maya yang dimana informasi dari dunia maya sendiri dibuat oleh orang atau manusia juga. Sudah pasti jika yang menginformasikan tersebut ialah orang yang benar maka informasi yang diakses adalah murni kejadian/peristiwa atau tulisan yang sungguh-sungguh dan tidak direkayasa.

Namun jika yang menginformasikan atau yang mengaksesnya ialah oknum yang tidak bertanggung jawab maka informasi tersebut hanyalah palsu atau rekayasa belaka yang hanya merugikan saja.

Lebih parahnya, mengenai berita hoax sangat cepat penyebaranya. Kebanyakan seseorang tanpa mencari tahu terlebih dahulu informasi malah percaya begitu saja dan langsung menyebarkanya.
Secara tidak langsung ia telah membantunya menyebarkan informasi hoax tersebut.

Apakah kamu salah satunya? Semoga tidak yah!!!

Jika kita lihat saat ini atau sesuai logika banyak oknum tidak bertanggung jawab hanyalah membuat berita hoax untuk konten dan hasrat mereka semata.
Berita yang mereka buat akan dilebih-lebihkan sehingga banyak yang tertipu akan bacaanya dan tontonannya.

Jika kita tidak berbekal iman yang kuat maka kita bisa-bisa masuk kedalamnya,
Apalagi para remaja saat ini atau sering disebut anak-anak zaman milenial. Jika sudah melihat banyak orang menyebar sesuatu atau tertulis trend-trend zaman sekarang, maka tanpa berfikir panjang ia langsung sebar-sebar saja dan diposting dengan kata-kata “lagi trend nih”. Sehingga tersebar luas. Padahal sadar tidak sadar mereka sudah termakan oleh informasi palsu atau disebut hoax


Mereka yang menyebar sebuah informasi atau berita hoax, terkadang mereka belum tau akan kejadian sesungguhnya namun mereka sudah menyimpulkan sendiri.
Awalnya hanyalah masalah biasa namun ketika ditulis maka kata-katanya akan lebih pedas. Sehinggga merujuk pada kerugian saja.

Menyebut kata hoax sangatlah mudah hanyalah satu kata semata. Namun karenanya banyak pihak yang dirugikan.
Apalagi jangan karena ulahmu dan opinimu sehingga membuat dunia maya terganggu dan terpecahkan akan informasi atau beritamu yang hasil dari rekayasamu saja.

Ketika adanya hoax yang disebarkan maka sudah pasti ada pihak tertentu yang dirugikan padahal bukan dia yang melakukannya namun di atas namakan atas namanya.

Saat ini banyak sekali beragam macam berita hoax yang tersebar didunia maya.
Ada yang menjelek-jelekkan atau memfitnah orang-orang tertentu,
Ada pula berupa undian mengatas namakan satu pihak tertentu dan masih banyak lagi.

Para penyebar berita hoax yang sadar akan apa yang dilakukan sudah pasti pola pikirnya sangatlah buruk. Jika menyangkut negara maka Mereka hanya menjadi virus dalam negara tersebut. Menyebarkan penyakit sehingga menular luas. Yakni jika orang-orang yang membacanya atau menontonya tidak kuat dalam mencari informasi atau tidak disaring terlebih dahulu informasi yang didapat dan hanya mengikuti trend maka ia juga akan masuk didalamnya dan menyebarnya lagi.

 

Sungguh merupakan perbuatan yang tidak patut untuk dicontoh. Alangkah baiknya smartphone yang kita punya kita gunakan sebaik mungkin.


Dan kita sebagai pengguna harus menyaring terlebih dahulu sebuah informasi sebelum di sharing. Dengan cangihnya teknologi jika kita memanfaatkanya dengan sangat baik maka keuntungan yang kita dapatkan, tidak usah menyebar hoax cukup dengan keadaan yang asli dan benar-benar terjadi saja.

Kontributor : Chaya Kuraa

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stop Sebarkan Hoax, Yuk Gunakan Smartphone Anda dengan Bijak

Trending Now

Ads

iklan