Iklan

Kankemenag Bartim Gelar Sosialisasi EDM E-RKAM

relasinasional
07 Februari 2022 | 21:20 WIB Last Updated 2022-02-07T14:33:33Z

Kankemenag Bartim Gelar Sosialisasi EDM E-RKAM


Relasi Nasional | Tamiang Layang - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Timur melaksanakan Sosialisasi Evaluasi Diri Madrasah serta Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah Berbasis Elektronik.

Kegiatan berlangsung di Madrasah Aliyah Ampah, peserta berasal dari semua jenjang RA,MI,MTs,MA Negeri maupun Swasta. Narasumber acara Kabid Penmad DR. Ahmad Farisin, M. Pd dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah, Senin (7/2).

Kasi Pendis H.Maslan mengatakan, tujuan sosialisasi agar para peserta mengikuti ketentuan persyaratan penginputan semua dokumen yang telah ditentukan untuk pencairan salah satu Bantuan Operasional Sekolah.



Selain itu, EDM merupakan instrumen untuk mengetahui kondisi objektif kekuatan dan kelemahan madrasah dalam konteks pencapaian standar mutu pendidikan.

Ia menambahkan, demi pencapaian mutu, penyusunan didasarkan pada prinsip Integritas atau dilakukan secara jujur. Kemudian Objektif yaitu berdasarkan fakta yang ada, serta Ilmiah artinya disusun menggunakan pendekatan ilmiah.

Disamping prinsip-prinsip tersebut, Maslan menjelaskan, ada peran partisipatif dari warga madrasah. Semua terlibat melalui musyawarah mufakat, sehingga pengelolaan bersifat terbuka dan siap dievaluasi oleh semua pihak.


"Sementara e-RKAM adalah aplikasi pengelolaan keuangan madrasah mulai dari proses perencanaan penganggaran, penatausahaan dan pelaporan yang dapat diakses baik secara online maupun semi online," ujarnya. (Setiawan)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kankemenag Bartim Gelar Sosialisasi EDM E-RKAM

Trending Now

Iklan