Iklan

Luthfi, Mahasiswa FIKOM Umuslim Isi Pelatihan Programming Dasar di Desa Wonosari

relasinasional
03 Februari 2022 | 19:41 WIB Last Updated 2022-02-03T12:43:20Z

Luthfi, Mahasiswa FIKOM Umuslim Isi Pelatihan Programming Dasar di Desa Wonosari

Relasi Nasional | Bener Meriah - Mahasiswa Universitas Almuslim, Peusangan, Bireuen yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di Desa Wonosari, Kecamatan Bandar, Kabupaten Bener Meriah melatih dan mengajarkan anak-anak tentang dasar-dasar programming dengan menggunakan aplikasi scratch.

Luthfi yang mengisi materi pelatihan dan juga merupakan mahasiswa KKM Universitas Almuslim mengatakan ilmu programming itu sangatlah penting untuk perkembangan teknologi kedepan, maka dari itu kita harus ajarkan untuk setiap anak dasar-dasar ilmu programming.

Sekilas mungkin ilmu programming itu sangat asing di telinga masyarakat kita saat ini di karenakan belum banyak orang yang berprofesi sebagai programmer di sekeliling kita, lebih mudahnya ilmu programming itu adalah ilmu yang di pelajari yang bertujuan untuk membuat aplikasi, robot, kecerdasan buatan dan masih banyak bidang lainnya yang melibatkan ilmu programming.

"Berawal dari melihat anak-anak di Desa Wonosari yang rata-rata sudah mempunyai Handphone(HP), tetapi lebih banyak di pergunakan untuk main game di bandingkan belajar, saat di tanya suka tidak main game? gimana kalau kita belajar buat game sendiri? semua anak menjawab boleh dalam keadaan ceria. Maka dari itu Program mandiri pelatihan dasar-dasar programming di ajarkan ke anak-anak di desa Wonosari," ujar Luthfi.

Kegiatan ini di ikuti oleh anak-anak kelas 4-6 SD Desa Wonosari Kecamatan Bandar, bertempat di gedung aula Desa Wonosari.

Harapannya setelah mereka dilatih tentang dasar-dasar programming dengan menggunakan scratch akan membuat mereka merasa suka dan menyenangkan terhadap Programming sehingga membangkitkan semangat untuk lebih memperdalam ilmu tersebut di kemudian hari.

Luthfi, Mahasiswa FIKOM Umuslim Isi Pelatihan Programming Dasar di Desa Wonosari
 
 
Pada awal belajar mereka di ajak untuk memecahkan sebuah permasalahan dalam bentuk susunan urutan permasalahan yang kemudian di susun dengan benar, ini bertujuan untuk melatih logika dan algoritma anak-anak agar lebih mudah dalam memahami algoritma pemrograman saat membuat aplikasi nanti.

pada hari pertama anak-anak di ajarkan cara membuat game sederhana dengan scratch, materi yang di ajarkan adalah mulai dari cara mengedit karakter, record suara untuk karakter dan mengenali beberapa block kode seperti operator if, forever, event click dan beberapa block kode lainnya.

setelah selesai belajar anak-anak minta agar di lanjutin lagi materi pembuatan game di hari berikutnya dengan studi kasus dan game yang berbeda.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Luthfi, Mahasiswa FIKOM Umuslim Isi Pelatihan Programming Dasar di Desa Wonosari

Trending Now

Iklan