iklan

---

Penghujung Ibadah Umrah di Tanah Suci, Hj. Rizayati : Banyak Hikmah yang Bisa Dipetik

Relasi Nasional
Kamis, 03 Maret 2022 | 15:38 WIB Last Updated 2022-03-11T04:11:25Z

Penghujung Ibadah Umrah di Tanah Suci, Hj. Rizayati : Banyak Hikmah yang Bisa Dipetik

 

Relasi Nasional | Mekkah - Ibadah Haji dan Umroh merupakan pelaksanaan rukun Islam yang ke lima. Banyak sekali hikmah yang terkandung di dalamnya. Sebab ibadah haji dan ibadah umroh adalah wujud dari pertemuan antara kesadaran batin dan kecerdasan rasio.


Patuh dan mau menyerahkan diri kepada Allah Swt. Itulah wujud utama dari pelaksanaan ibadah umroh di tanah suci. Kita memenuhi panggilan Allah dengan menempuh perjalanan yang panjang, harus berpisah dengan saudara, keluarga sera harta benda yang kita miliki




"Tujuannya hanya satu, yaitu menjalankan tugas mulia melalui ibadah dan ritual sesuai dengan syarat-syarat yang telah ditentukan dalam agama Islam,” kata Hj. Rizayati kepada Relasi Nasional melalui via WhatsApp, Kamis (3/3/2022).


Hj. Rizayati mengungkapkan, di penghujung ibadah umroh, banyak melakukan amal ibadah kebajikan, sebagai bagian dari proses pembersihan diri dan totalitas kepasrahan kepada Allah Swt.

Penghujung Ibadah Umrah di Tanah Suci, Hj. Rizayati : Banyak Hikmah yang Bisa Dipetik
 
 
 
Alhamdulillah, kami telah selesai melakukan serangkaian ibadah umroh di tanah suci. Kami sudah berpamitan di Baitullah, kami juga telah melakukan penyembelihan hewan unta, untuk dibagikan kepada yang berhak. Selain potong unta kami juga potong aqiqah untuk ponakan yang baru lahir, serta sedekah buat yang membersihkan Ka’bah dan perbanyak bagi rejeki di tempat mulia ini, kita perbanyak amal ibadah dan perkuat iman,” ujarnya.


Selama menjalankan ibadah umroh, kata Presiden Direktur IRJ Group ini, banyak hikmah yang bisa dipetik. Diantaranya, meningkatkan kedisiplinan, meningkatkan kualitas ibadah, memunculkan sifat sabar, melahirkan rasa solidaritas dan kekeluargaan serta meningkatkan dakwah dengan menyampaikan pesan-pesan kebaikan sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah Saw.


Banyak hikmah spiritual yang bisa kita petik, satu diantaranya melahirkan sifat sabar. Ketika melaksanakan ritual ibadah umroh, tentu banyak cobaan dan godaan yang muncul. Banyak umat Islam dari berbagi negara yang berkumpul di satu tempat. Hal ini akan menimbulkan masalah berkenaan dengan fasilitas yang harus digunakan bersama karena jumlahnya yang terbatas. Di sini sifat sabar harus dikedepankan. Karena sifat egois dan mementingkan diri sendiri akan mengurangi nilai ibadah yang sedang dikerjakan,” ungkapnya.


Di tanah suci, Alhamdulillah, kami bisa mendoakan untuk saudara-saudara kita, mendoakan yang terbaik untuk bangsa dan negara agar damai dan sejahtera. Insya Allah, besuk kami Kembali ke tanah air,” pungkasnya.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Penghujung Ibadah Umrah di Tanah Suci, Hj. Rizayati : Banyak Hikmah yang Bisa Dipetik

Trending Now