Iklan

Wow Unik! Berikut Tips Belajar Tenses 16 Ala Ms Asrita Melalui Irama Lagu Bungoeng Jeumpa

relasinasional
28 Maret 2022 | 15:06 WIB Last Updated 2022-03-29T13:08:08Z

Wow Unik! Berikut Tips Belajar Tenses 16 Ala Ms Asrita Melalui Irama Lagu Bungoeng JeumpaFoto : Asrita, S.Ag., Guru Bahasa Inggris di SMP Negeri 4 Bireuen
 

Relasi Nasional | Artikel - Belajar tenses 16 merupakan materi penting dalam proses belajar mengajar di dunia pendidikan khususnya Bahasa Inggris. Sebagai contoh, materi simple present diberikan di kelas 7 dan 8 dengan Kompetensi Dasara (KD) 3.6 dan 3.7. Sedangkan present continuous, simple past ada di kelas 8 dan present continuous, past continuous, future continuous, serta present perfect ada di kelas 9.

Setiap KD bertujuan agar siswa mampu menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/sesuai tensesnya.

Menguasai tenses acapkali terkendala bagi siswa di kelas. Mereka umumnya bingung dalam pemakaian verb (kata kerja) yang berubah-ubah sesuai Tenses yang di ajarkan. Hal ini merupakan home work yang harus mendapatkan solusi bagi tenaga kependidikan. Asrita yang merupakan guru Bahasa Inggris SMP Negeri 4 Bireuen selalu berpikir keras agar siswa mampu mengaplikasikan Tenses 16 dalam semua skill bahasa Inggris, yaitu reading, listening, writing, dan speaking.


Menyangkut kendala diatas, Trik jitu mengharuskan guru untuk berupaya mencari jalan keluar. Asrita terkadang kehabisan akal dalam mengajar di kelas, karena tenses bukanlah hal yang bisa diajarkan kepada siswa hanya sebatas visualisasi menggunakan kata-kata saja. Tenses lebih kepada memandu siswa untuk melatih diri dalam tulisan, bacaan, dialog, dan mendengar.

Kondisi dilapangan siswa merasa bingung memahami konsep-konsep tenses secara gamblang dikarenakan keterbatasan menguasai kosa kata bahasa Inggris, khususnya sulit membedakan Verb 1, Verb 2, Verb 3 dan juga Verb-ing.

 
"Kendati demikian, kita sebagai pendidik atau guru tidaklah putus asa dalam mencari titik temu dengan mereka. Menyangkut alasan mengajar adalah seni yang membutuhkan keterampilan, waktu dan kesabaran. Seni ini yang dibutukan guru untuk menentukan kapan harus memotivasi, kapan harus memberi konsekuensi, kapan harus membantu dan kapan untuk mundur (hanya memperhatikan dari jauh)," ungkap Asrita

 
Nah, usaha saya untuk semua itu pernah ia coba mengajar mengaplikasikan tenses 16 dengan irama lagu "Bungoeng Jeumpa."

Berikut contoh Tenses 16 kalimat bahasa Inggris yang dinyanyikan dengan lirik syair lagu Bungoeng jeumpa. Tentunya bagi guru yang berasal dari Aceh tidak asing lagi dengan irama bungoeng jeumpa. Yuk disimak dan dipraktekkan!


Bungong Jeumpa Bungong Jeumpa
Meugah di Aceh (Diulang 2x)


1. Simple Present : I study English

 
2. Present Continuous : I am studying English (Diulang 2x)
Bungong teuleubeh teuleubeh
Indah lagoina


3. Present Perfect : I have studied English


4. Present Perfect Continous : I have been studying English
Puteh kuneng meujampu mirah
Bungong si-ula indah lagoina (Diulang 2x)


5. Simple Past : I studied English


6. Past Continous : I was studying English (Diulang 2x)
Lam sinar buleun lam sinar buleun
Angen peu ayon (Diulang 2x)


7. Past Perfect : I had studied English


8. Past Perfect Continous : I had been studying English
Luroh meususon meususon yang mala mala (Diulang 2x)


9. Simple Future : I will study English


10. Future Continous : I will be studying English
Keubit that meubee meunyoe tatem com
Leupah that harom si bungong jeumpa (Diulang 2x)


11. Future Perfect : I will have studied English (Diulang 2x)


12. Future Perfect Continous : I will have been studying English. Bungong Jeumpa Bungong Jeumpa. Meugah di Aceh. Bungong teuleubeh teuleubeh Indah lagoina


13. Past Future : I would study English


14. Past Future Continous : I would be studying English

Puteh kuneng meujampu mirah. Bungong si-ula indah lagoina (Diulang 2x)


15. Past Future Perfect : I would have studied English


16. Past Future Perfect Continous : I would have been studying English


Nah, itu dia metode pembelajarannya. Semoga tips ini bisa bermanfaat buat English lovers, khususnya pelajar di Kabupaten Bireuen, tutup Asrita

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wow Unik! Berikut Tips Belajar Tenses 16 Ala Ms Asrita Melalui Irama Lagu Bungoeng Jeumpa

Trending Now

Iklan