Iklan

Ikuti Student Exchange di NGU, Rektor Umuslim Lepas Tiga Mahasiswa yang akan Berangkat ke Jepang

relasinasional
13 April 2022 | 14:42 WIB Last Updated 2022-04-13T07:42:25Z

Ikuti Student Exchange di NGU, Rektor Umuslim Lepas Tiga Mahasiswa yang akan Berangkat ke JepangFoto : dari kiri ke kanan  Raihan Hayati,   Amelia Rizkiani, dan Qurrata 'Ayyun


Relasi Nasional | Bireuen - Dalam rangka mengikuti Pertukaran Pelajar (Student Exchange) di Nagoya Gakuin University (NGU) di Jepang, Rektor Universitas Almuslim, Dr. Marwan, M.Pd gelar pelepasan tiga orang mahasiswanya yang akan berangkat kesana di ruang rapat Kampus Induk, Universitas Almuslim, Rabu, (13/4/2022)



Hal ini dibenarkan oleh Rektor Universitas Almuslim saat awak media Relasi Nasional meliput kegiatan tersebut


Marwan mengatakan keberangkatan mereka dalam rangka implementasi kerjasama yang telah ditandatangani antara Universitas Almuslim dengan Nagoya Gakuin University (NGU) Jepang beberapa tahun lalu. Selain itu, program ini sebagai wujud bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang sudah dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek Dikti.



"Mereka kuliah di NGU Jepang selama satu tahun, biaya kuliah dan apartemen penginapan gratis karena adanya kerjasama antara Umuslim dan NGU Jepang", jelas Dr. Marwan, M.Pd.

Ikuti Student Exchange di NGU, Rektor Umuslim Lepas Tiga Mahasiswa yang akan Berangkat ke Jepang
 
 
 
Marwan menambahkan bahwa hasil belajar mahasiswa selama belajar di NGU Jepang akan disetarakan nilai kreditnya atau transfer Kredit Internasional dengan mata kuliah di kampus sendiri, sebagai bagian dari program merdeka belajar Kampus Merdeka


"Transfer Kredit Internasional dalam upaya menguatkan dan menambah kompetensi melalui program studi lain atau perguruan tinggi lain di luar negeri untuk mempersiapkan mahasiswa dengan kompetensi global", ujar Marwan.


Menurut Kepala Urusan Internasional (KUI) Universitas Almuslim Dr. rer. nat Ernawita, M.Si, peserta pertukaran mahasiswa Umuslim ke Nagoya Gakuin University merupakan hasil seleksi yang telah dilakukan sejak satu tahun lalu. Untuk tahun ini, peserta yang lulus semuanya berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).


"Seperti diketahui, kerjasama Umuslim dan NGU Jepang sudah dirintis sejak tahun 2012 lalu, sudah terlaksana proses pertukaran mahasiswa sampai empat angkatan tetapi sudah dua tahun terhenti karena pandemi covid-19", ujarnya.


"Sekarang merupakan Angkatan V, mahasiswa ini direncanakan berangkat Ke Jepang tanggal 26 April 2022 mendatang, melalui Bandara Kuala Namu Internasional Medan", tambah Ernawita.


Pelepasan keberangkatan mahasiswa Umuslim mengikuti pertukaran ke NGU Jepang turut dihadiri Wakil rektor Umuslim, dosen dari Nagoya Gakuin University (NGU), Jepang Profesor Saeki Natsuko, orang tua wali mahasiswa, Dekan, Ka Prodi dan sejumlah pejabat kampus lainnya.


Adapun mahasiswa yang berangkat adalah Raihan Hayati (Prodi PGSD), Amelia Rizkiani (Prodi Pendidikan Bahasa Inggris), dan Qurrata 'Ayyun (Prodi PGSD).
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ikuti Student Exchange di NGU, Rektor Umuslim Lepas Tiga Mahasiswa yang akan Berangkat ke Jepang

Trending Now

Iklan