iklan

---

Wujudkan Kampus Merdeka, Sosiologi Unimal dan UTU Tanda Tangan Kesepakatan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Relasi Nasional
Minggu, 24 April 2022 | 04:40 WIB Last Updated 2022-04-23T21:40:00Z

Wujudkan Kampus Merdeka, Sosiologi Unimal dan UTU Tanda Tangan Kesepakatan Tri Dharma Perguruan Tinggi

 

Relasi Nasional | Lhokseumawe - Wujudkan Kurikulum Kampus Merdeka, Dua Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, yang berasal dari dua Perguruan Tinggi Negeri ternama di Aceh tanda tangani kesepakatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Kamis, 21/04/2022.

Kurikulum Kampus Merdeka, merupakan sebuah program terbaru yang sedang diterapkan di instansi pendidikan yang ada di Indonesia. Program yang di galakkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi (Kemdikbudristek) merupakan perwujudan peningkatan kapasitas serta kapabilitas dalam ranah Insan Akademis.

Seperti halnya yang dilakukan oleh dua program studi sosiologi fakultas ilmu sosial dan politik perguruan tinggi negeri di Aceh tersebut, melaksanakan penandatanganan perjanjian kerja sama ( PKS) yang digelar di Ruang Sidang Prodi Sosiologi Unimal Pada, Kamis 21/04/3/2022.


Perjanjian kerja Sama tersebut disepakati oleh Program Studi Sosiologi Universitas Malikussaleh Lhokseumawe dan Program Studi Sosiologi Universitas Teuku Umar Meulaboh guna mewujudkan kurikulum kampus merdeka dalam memperkuat fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi.



Kegiatan proses perjanjian kerja sama dihadiri langsung oleh Ketua Jurusan Antropologi dan Sosiologi Unimal, Dr Abdullah Akhyar Nasution, Sekretaris Jurusan Fakhrurrazi M.Si, Ketua Prodi Sosiologi, Cut Rizka Al Usrah MA dan dosen Prodi Sosiologi, Dini Rizki MTESOL.


Kemudian perwakilan dari UTU adalah Kaprodi Sosiologi UTU Nurkhalis,Sosio, Sekretaris prodi Yeni Lestari, MSocSc serta dosen Sosiologi UTU, Dr. Akmal Saputra, MA dan Cut Irna Liyana MA.



Ketua Prodi Sosiologi Unimal, Cut Rizka Al Usrah mengatakan, bahwa kerja sama yang akan direalisasikan adalah berfokus pada bidang riset kolaboratif dan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM), Mitra Bestari, dan kerja sama dalam bentuk kuliah tamu.

 

Kami berharap kerja sama ini benar-benar dapat diimplementasikan dengan baik, dikarenakan hal ini akan berpengaruh besar terhadap capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) serta menyukseskan akreditasi”, ujar Kaprodi Sosiologi Universitas Malikussaleh.



Kemudian Kaprodi Sosiologi UTU, Nurkhalis menuturkan bahwa kedatangan mereka ke Unimal merupakan tindak lanjut implementasi turunan dari kesepakatan MoU antar Universitas dan MoA antar fakultas pada Februari 2022 serta berlanjut pada SPK antar prodi Sosiologi.

 

Yeni Sri Lestari selaku Sekretaris Prodi Sosiologi UTU menambahkan bahwa ia berharap kerja sama ini menjadi program berkelanjutan. "Kerja sama antar prodi dalam hal penelitian dan pengabdian harus terus terjalin demi peningkatan IKU," ujar Yeni.

Sementara itu Dr Abdullah Akhyar Nasution, Ketua Jurusan Antropologi dan Sosiologi Unimal menyambut baik kesepakatan kerja sama yang telah ditandatangani kedua prodi tersebut “Dengan adanya kerja sama ini bisa mengikat Unimal dan UTU dalam satu kerja sama akademik yang berkaitan dengan pengembangan kedua institusi”, Tutup Akhyar. [Mukhtar Efendi]

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wujudkan Kampus Merdeka, Sosiologi Unimal dan UTU Tanda Tangan Kesepakatan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Trending Now

Ads

iklan