iklan

---

Polres Aceh Barat Gelar Rakor Pencegahan dan Penanganan Karhutla

Relasi Nasional
Jumat, 27 Mei 2022 | 20:08 WIB Last Updated 2022-05-27T13:25:04Z

Polres Aceh Barat Gelar Rakor Pencegahan dan Penanganan Karhutla

 

Relasi Nasional | Aceh Barat - Kepolisian Resor Aceh Barat menggelar rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka pencegahan dan penangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Jum'at (27/5/2022).

Rakor tersebut digelar di aula mapolres Aceh Barat dengan melibatkan seluruh instansi terkait lainnya yang ada di Kabupaten Aceh Barat.

Kapolres Aceh Barat AKBP Pandji Santoso, S.I.K, M.Si mengatakan Dengan rakor ini akan dibahas bagaimana langkah-langkah pencegahan maupun penanganan karhutla. Selain itu kita harus mengetahui bagaimana tugas masing-masing instansi mengetahui cara bertindak apabila terjadi karhutla.


Dalam kesempatan tersebut Kapolres Aceh Barat juga menyampaikan, bahwa ada 3 hal yang perlu diperhatikan antara lain sosialisasi dan edukasi, pemadaman dan penegakan hukum.


Polres Aceh Barat Gelar Rakor Pencegahan dan Penanganan Karhutla
 
 
Dirinya mengajak pihak yang telah hadir dalam rapat kordinasi tersebut agar sosialisasi tentang antisipasi Karhutla agar lebih ditingkatkan demi mencegah terjadinya kebakaran Hutan dan Lahan karena Masalah Karhutla menjadi tanggung jawab semua pihak.

"Untuk pemadaman dicek lagi kesiapan dan kelayakan alat yang ada dan yang akan digunakan untuk pemadaman apabila terjadi Kebakaran hutan dan lahan serta masalah terkait penegakan hukum dirinya akan menegakan hukum secara penuh kepada tersangka yang terbukti melakukan pembakaran lahan Sehingga betul-betul ada efek jera." Ungkap Kapolres Aceh Barat.

Kepada para Keuchik diharapkan agar menambah kanalisasi di wilayahnya yang sering terjadi Karhutla dan lakukan deteksi dini dengan melakukan pemantauan di area-area rawan titik api yang ada di Kabupaten Aceh Barat. Tambah Kapolres Aceh Barat.

Kepala Pelaksana BPBD Mukhtaruddin, mengungkapkan rasa terimakasih atas pelaksanaan rakor karhutla dalam kegiatan tersebut dirinya mengatakan prasarana yang ada di BPBD akan diturunkan seluruhnya guna membantu pemadaman, dirinya juga berharap jika terjadi bencana agar segera dilaporkan ke BPBD.

"Dirinya juga mengapresiasi Polres Aceh Barat yang telah ikut membatu pihak BPBD dalam penanggulangan karhutla sejak 2018 lalu." Ungkap Mukhtaruddin dalam kegiatan tersebut.

Sementara itu Sekdakab Aceh Barat Marhaban menyampaikan, rapat koordinasi penanganan Karhutla ini sangat penting dan perlu ditindaklanjuti kedepannya dengan persiapan yang matang dalam penanganan karhutla.

"Dirinya siap mendukung segala sesuatu terkait penanganan karhutla di Kabupaten Aceh Barat karena hal ini merupakan tanggung jawab semua pihak." Tambah Marhaban.

Dalam kegiatan Rakor tersebut para Keuchik yang hadir juga mengatakan bahwa telah membentuk tim masyarakat peduli Api yang telah bekerja memberi himbauan dan memonitor wilayah rawan karhutla. (Helman)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Polres Aceh Barat Gelar Rakor Pencegahan dan Penanganan Karhutla

Trending Now