Ads

---

Tidak Perlu Khawatir, Ini Dia Cara Melacak iPhone yang Hilang atau Dicuri

Relasi Nasional
Kamis, 30 Juni 2022 | 21:00 WIB Last Updated 2022-06-30T14:00:00Z

Cara Melacak iPhone


Saat ini memiliki ponsel pintar adalah kebutuhan semua orang, karena segala keperluan bisa kita lakukan melalui ponsel. Untuk menunjang pekerjaan maupun aktivitas sehari-hari banyak orang memilih menggunakan iPhone karena kualitasnya yang bagus. Namun bagaimana cara melacak iPhone jika ponsel kita hilang atau dicuri? 


Nah, seperti yang kita ketahui bahwa iPhone merupakan ponsel pintar dengan fitur yang canggih. Maka tak heran jika banyak orang memilih menggunakan ponsel ini meskipun harganya terbilang cukup mahal.


Hal ini karena teknologi yang disematkan dalam ponsel Apple ini memang canggih namun di samping itu juga memiliki nilai prestise untuk penggunanya. 



Cara Melacak iPhone, Pastikan Kamu Tidak Lupa Apple ID untuk Mengunci Ponsel Jarak Jauh


Nah, karena harganya lumayan tinggi sehingga tak jarang ponsel ini jadi rawan pencurian atau hilang karena keteledoran penggunanya. Menyadari hal ini, Apple sangat concern untuk menjaga kenyamanan pemakainya karena menghadirkan fitur Find My Apple yang tidak dimiliki oleh ponsel pintar yang lainnya. 


Fitur ini berguna untuk bisa menemukan lokasi ponsel kamu yang hilang. Inovasi ini telah ditingkatkan Apple pada layanan Find My-nya sejak menggabungkan Find My iPhone dan Find My Friends menjadi satu aplikasi pada 2019. Lebih kerennya lagi fitur ini mampu melacak iPhone meski ponsel dalam keadaan mati. 


Jika kamu memutuskan untuk menggunakan iPhone, hal penting yang harus kamu lakukan adalah mengatur passcode agar orang lain tidak bisa mengakses informasi pribadi kamu. Selain itu pastikan kamu tidak lupa untuk mengaktifkan fitur Find My Apple untuk mengantisipasi ponsel kamu hilang atau dicuri. 


Nah, berikut ini cara melacak iPhone kamu yang hilang atau mungkin dicuri yang dilansir dari support Apple di laman resmi Apple: 



1. Pastikan Kamu Tidak Lupa Apple ID


Untuk bisa menemukan iPhone kamu, pertama-tama login pada website iCloud.com/find. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Find My Apple di device Apple lainnya yang kamu miliki. Jika iPhone kamu tidak muncul dalam list perangkat di peta artinya kamu tidak menyalakan fitur aplikasi lacak/find my iPhone. Itulah mengapa pentingnya menyalakan fitur ini saat kamu pertama kali membeli iphone.


Sebagai catatan, jika kamu tidak menyalakan fitur find my apple di iphone kamu yang hilang, maka tidak ada layanan Apple lain yang dapat menemukan, melacak, atau menunjukkan perangkat kamu. Tapi kamu bisa mengamankan akun dan data pribadi kamu dengan cara mengubah sandi Apple ID maupun sandi akun sosial media kamu yang terinstal di ponsel.



2. Mark As Lost/Tandai Sebagai Hilang


Kamu bisa mengunci ponsel kamu dari jarak jauh dengan password untuk mengamankan data pribadi kamu. Ini juga akan menonaktfikan Apple Pay di ponsel kamu sehingga seseorang yang mengambil atau menemukan iphone kamu tidak bisa memanfaatkannya.


Selain itu kamu juga bisa menuliskan pesan pada ponsel iphone kamu yang hilang. Sehingga orang yang menemukan ponselmu bisa membaca pesannya. 



3. Laporkan Pihak Berwajib


Bagaimanapun tindakan pencurian adalah kriminal, kamu bisa melaporkan ponsel kamu yang hilang ke pihak berwajib dan mereka akan meminta nomor seri ponsel kamu. Hal ini juga bisa mengantisipasi ponsel kamu akan dijual lagi ke black market atau pasar gelap. 



4. Menghubungi Operator seluler


Jangan lupa juga konfirmasi ke operator seluler sesuai provider kamu untuk menghindari penyalahgunaan data pribadi kamu.



5. Ajukan Klaim dan Hapus perangkat


Cara melacak iPhone yang hilang kamu juga bisa mengajukan klaim penggantian iPhone jika ponsel kamu dilindungi oleh AppleCare+ dengan perlindungan pencurian dan kehilangan. Selanjutnya kamu bisa menghapus perangkat dari jarak jauh jika klaim kamu sudah disetujui.


Itulah cara melacak iphone yang hilang atau dicuri. Selain itu kamu juga bisa menggunakan fitur Family Sharing serta jangan lupa untuk selalu mengawasi ponsel kamu ketika berada di tempat umum. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tidak Perlu Khawatir, Ini Dia Cara Melacak iPhone yang Hilang atau Dicuri

Trending Now