iklan

---

Penasaran! Inilah Sosok Rahmat Saputra, Pemuda Asal Pidie yang Tak Hentinya Raih Prestasi

Relasi Nasional
Rabu, 20 Oktober 2021 | 17:42 WIB Last Updated 2021-10-24T07:59:13Z

Penasaran! Inilah Sosok Rahmat Saputra, Pemuda Asal Pidie yang Tak Hentinya Raih PrestasiRahmat Saputra, mahasiswa berprestasi asal Pidie
 

Relasi Nasional | Bireuen - Setelah viral versi Relasi Nasional beberapa hari yang lalu mengenai sosok pemuda yang berhasil menjadi salah satu perwakilan Aceh di Pemilihan Duta Mahasiswa Inspiratif 2021, kini ramai kalangan mempertanyakan pemuda satu ini. Lantas seperti apakah biografinya? Yukk disimak!

Rahmat Saputra akrab disapa Rahmat kelahiran Keumala, 09 April 1995. Mengawali karir Sebagai Operator Sekolah sejak Tahun 2013 di SD Negeri 19 Sawang yang kemudian pindah tugas ke SD Negeri 25 Sawang akhir tahun 2014 sampai sekarang.


Putra pertama dari pasangan Abdurahman dan Nurhayati ini, menyelesaikan Pendidikan Dasar tahun 2007. Kemudian melanjutkan pendidikan di bangku SMP Negeri 3 Lhokseumawe 2007 sampai 2010. Sejak duduk di bangku SMP Rahmat sudah mulai berorganisasi sebagai Ketua OSIS selama 2 periode. Melanjutkan pendidikan di SMA Negeri 3 Meulaboh mulai 2010 sampai 2013. Di SMA Rahmat juga menjadi Ketua OSIS selama 1 periode. Sudah aktif mengikuti beberapa kegiatan eksternal seperti Kemah Remaja Pendidikan Karakter di Banda Aceh tahun 2011



Berbekal Beasiswa Bidikmisi, Rahmat melanjutkan pendidikan di Politeknik Negeri Lhokseumawe jurusan Teknik Sipil sejak 2013 sampai 2016. Ketertarikannya terhadap dunia pendidikan, kemudian dia memutuskan untuk menempuh pendidikan Sarjana PGSD Universitas Almuslim.

Selama menjadi mahasiswa S1, Rahmat aktif di berbagai Organisasi Internal dan Eksternal, diantaranya Ketua FKOS Kecamatan Sawang, Ketua Bidang SDM BEM FKIP Umuslim, Anggota LPM-Suara Almuslim, Ketua Bidang Penalaran dan Kreatifitas HIMA PGSD, Anggota IKMA PGSD Indonesia, serta pernah menjabat sebagai Presiden Mahasiswa Universitas Almuslim.


Pemuda Asal Pidie ini juga aktif mengikuti berbagai kegiatan lomba dan event nasional, Rahmat menjadi Delegasi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke 31 di Yogyakarta tahun 2018. Salah satu Delegasi Provinsi Aceh pada Festival Pemuda di Semarang Tahun 2019 dan Provinsu Aceh memenangkan proposal terbaik. Juara I Lomba Alat Peraga Matematika, Juara III Lomba Video Pembelajaran TK Nasional, Juara I Lomba Media Pembelajara Kreatif TK Nasional, dan Juara III Lomba Video Mengajar TK Kabupaten Aceh Utara.


Rahmat juga pernah mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Nusantara-Sistem Alih Kredit (PERMATA-SAKTI) di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya Serta Peserta Kampus Mengajar Angkatan I tahun 2021. Pemilik channel youtube Sahabat Edukasi ini juga pernah menjadi pemateri di beberapa acara, seperti Upgrading HIMA PGSD Umulim, PKKMB Mahasiswa Baru FKIP Umuslim, Kegiatan Pengimbasan AKM guru Kecamatan Sawang, dan sosialisasi pembuatan Video Pembelajaran guru Kecamatan Sawang.

Rahmat aktif di organisasi dan menoreh beberapa prestasi serta dapat menyelesaikan studi tepat waktu pada 6 Agutus 2018 dengan IPK 3.91.
Rahmat yang sekarang menetap di Sawang Kabupaten Aceh utara sedang melanjutkan Pendidikan Magister di Pendidikan IPS Pascasarja Universitas Almuslim dan sedang mengikuti Pemilihan Duta Nasional Mahasiswa Inspiratf 2021 yang diselenggarankan oleh kelas Ragam.

Nah, itulah biografi singkat sosok dari pemuda asal Pidie ini ya. Yang masih penasaran silahkan cek aja keseharian pemuda satu ini di sosmednya fb @Rahmat Saputra dan instagramnya @rahmatsaputra_95



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Penasaran! Inilah Sosok Rahmat Saputra, Pemuda Asal Pidie yang Tak Hentinya Raih Prestasi

Trending Now