Ads

---

Yuk Disimak! Berikut yang Harus Kamu Lakukan Ketika Petugas Sensus Datang

Relasi Nasional
Kamis, 19 Mei 2022 | 22:23 WIB Last Updated 2022-05-19T15:29:55Z

Yuk Disimak! Berikut yang Harus Kamu Lakukan Ketika Petugas Sensus Datang



Relasi Nasional | Artikel - Sejak pertengahan Bulan Mei Tahun 2022 sampai pada akhir Bulan Juni Tahun 2022 nantinya. Badan Pusat Statistik (BPS) menggelar kegiatan Sensus Penduduk 2020 Lanjutan Secara serentak di seluruh Indonesia. Tidak terlepas pula dengan Aceh Utara. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari Sensus Penduduk Tahun 2020 (SP2020) yang pernah dilakukan dua tahun yang lalu.

Nah, nantinya bakal ada petugas sensus dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang mendatangi setiap rumah warga yang terkena sampel untuk melakukan pendataan. Kalau Rumah kamu merupakan bagian dari sampel/sempling pastinya petugas akan datang juga ke rumah kamu. Mau kamu tinggal di apartemen mewah, kontrakan tiga pintu, perumahan cluster, atau pondok mertua indah, pasti bakal didatangi petugas sensus. Tunggu saja, kami pasti datang.


Lalu, apa sih yang perlu kamu lakukan untuk menghindari hal-hal yang nggak diinginkan, ini ada 3 Tips yang perlu kamu lakukan saat Petugas Sensus datang kerumah kamu.

Maklum saja, masa sekarang kan banyak tingkah laku orang sudah pada aneh-aneh. Entah itu penipu lah, hipnotis lah, serta tindakan kriminal lainnya. Nah dari pada jadi korban hal-hal yang tidak kita inginkan, mendingan kamu lakukan 3 hal ini ya.

1. Cek Identitasnya
Ketika ada yang datang ke rumah kamu dan ngaku-ngaku petugas sensus, jangan langsung percaya, ya. Cek dulu dari penampilan, dan identitasnya . Petugas yang resmi mengenakan rompi bertuliskan “Petugas Sensus”, membawa tas hitam, memakai tanda pengenal resmi, dan pastinya menerapkan protokol kesehatan. Kalau masih ragu, jangan segan-segan langsung kamu bisa menanyakan surat tugasnya ke petugas yang datang. Karena setiap petugas sensus memang dibekali itu semua.

Nah, kalau syarat-syarat tadi terpenuhi, fix itu merupakan petugas sensus yang resmi yang ditugaskan oleh BPS. Tapi kalau nggak memenuhi ciri-ciri identitas yang disebutkan tadi, patut dicurigai juga tuh. Jangan-jangan itu petugas abal-abal yang yang berlagak macam-macam. Dari pada bikin kamu nggak nyaman, mending lapor sama Pak RT saja, ya.

2. Luangkan Waktu Sesaat
Kalau sudah yakin bahwa yang datang ke rumahmu itu petugas sensus yang asli, kamu bisa meluangkan waktu untuk menjawab pertanyaan yang diajukan. Kalau beruntung, kamu bisa didatangi dua kali. Di kedatangan yang kedua kalinya itu, petugas sensus bakal bertanya lebih detail lagi.

Pertanyaannya lumayan banyak sih. Setahu saya ada lebih dari 80 rincian pertanyaan yang bakal ditanyakan. Makanya sebisa mungkin wawancaranya sambil duduk di ruang tamu atau duduk lesehan di teras rumah. Jangan sambil berdiri di depan pagar rumah, takutnya malah pingsan nantinya. Hehehehe.

Karena pertanyaannya lumayan banyak, jadi enaknya jawab sambil duduk saja, Lalu misalkan lagi sibuk memasak di dapur, sibuk ngurus anak, atau lagi sibuk bersihkan ruangan, Tenang, kamu bisa bikin janji kok sama petugas sensus tadi. Kira-kira kapan ada waktu luang supaya bisa ketemuan dan wawancara dengan petugas. Nggak mesti hari itu juga wawancaranya, kok. Pokoknya biar dua-duanya sama-sama enak ya.

3. Jawablah Pertanyaan dengan Benar dan Jujur
Terakhir, yang perlu kamu lakukan ketika didatangi petugas sensus adalah menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh petugas dengan benar dan Jujur apa adanya, pertanyaan yang diberikan merupakan Pertanyaannya seputar data anggota rumah tangga, pekerjaan, pendidikan, kondisi rumah, kematian ibu, dan masih banyak lagi. Sebisa mungkin pertanyaan-pertanyaan tadi dijawab dengan jujur dan apa adanya. Jangan karena pengin cepat selesai, lalu kamu jawab asal-asalan. Wah, bisa gawat kalau begitu.

lalu kenapa saya katakan Jawab pertanyaan petugas dengan benar dan jujur, karena Jawaban yang ngasal bakal menghasilkan data yang nggak valid nantinya. Kalau data nggak valid, maka kebijakan pemerintah pun bakal ngawur. Lalu kalau kebijakan pemerintah ngawur, kamu seenaknya menghujat pemerintah. Capekkan, hehehehe. Padahal kan itu semua bersumber dari jawaban yang kamu berikan tadi loe.

Tidak usah ragu, setiap jawaban responden akan dirahasiakan dan dilindungi oleh undang-undang Loe.

Nah, itulah merupakan tiga hal yang perlu kamu lakukan ketika kamu didatangi petugas sensus. Kalau bisa melakukan ketiga hal tadi ya, berarti kamu sudah berkontribusi terhadap program pemerintah dalam membangun negeri ini. Keren kan?

Oh iya, bisa jadi petugas sensus yang datang ke rumahmu itu justru jodoh yang selama ini kamu cari. Banyak lho kejadian petugas yang menikah dengan respondennya. Yaaa, macam sinetron-sinetron di FTV itu, hehehehe. Makanya mending kamu banyak-banyak berdoa semoga petugas sensus yang datang ke rumahmu itu seganteng, keren, serta yang nggemesin gitu, siapa tahu, kan? Kadang itulah rahasia Allah pertemukan.


Penulis: Ibnu Sabil
Email. sibnu2337@gmail.com

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Yuk Disimak! Berikut yang Harus Kamu Lakukan Ketika Petugas Sensus Datang

Trending Now