iklan

---

Lestarikan Budaya Masyarakat, Dandim 0115/Simeulue Hadiri Acara Kenduri Blang Humaha Heba

Relasi Nasional
Minggu, 12 Juni 2022 | 15:15 WIB Last Updated 2022-06-12T09:58:20Z

Lestarikan Budaya Masyarakat, Dandim 0115/Simeulue Hadiri Acara Kenduri Blang Humaha Heba

 

Relasi Nasional | Simeulue - Dandim 0115/Simeulue Letkol Kav Mahdan Almahirsyah S.Sos, M.Si, beserta Pasiter Kodim 0115/Simeulue Kapten Inf Harry Soesanto dan pasilog Kodim 0115/Simeulue Kapten Inf Agus S Nababan, Kadis Pertanian Kab. Simeulue Samsuar SP, Hadiri acara Kenduri Blang Humaha Heba masa tanam 2022, beserta menyantuni anak yatim di Desa Latitik Kec. Simeulue Tengah, Sabtu (11/6/2022).

Kenduri blang merupakan tradisi dan budaya masyarakat aceh yang dilakukan setiap tahun saat akan mulai turun ke sawah untuk menanam padi, kegiatan tersebut bertujuan untuk memanjatkan D'oa kepada Allah SWT semoga musim tanam yang akan datang diberikan hasil yang berlimpah dan dijauhkan dari penyakit dan musibah pada tanaman padi tersebut.


Dalam kesempatan itu Dandim 0115/Simeulue, Letkol Kav Mahdan Almahirsyah S.Sos., M.Si, menuturkan, acara kenduri blang ini juga sebagi sarana untuk melestarikan warisan budaya masyarakat dan sekaligus sebagai wadah untuk mempererat hubungan silaturahmi, kebersamaan kepada warga binaan," tutur Dandim.

"Lebih lanjut Dandim mengatakan pemberian bantuan alat dan mesin pertanian, bertujuan untuk memodernisasi dan memudahkan petani dalam menjalankan usahanya dan dapat mengurangi cost yang dikeluarkan sehingga petani sejahtera dapat terwujud. PPL juga selalu bersinergi dengan TNI-POLRI untuk melaksanakan pendampingan demi pencapaian ketahanan pangan yang maksimal" pungkas Dandim.

Sementara itu Kadis Pertanian Simeulue, Samsuar, SP, dalam Arahnya mengatakan, motivasi, semangat, inovasi yang diberikan oleh TNI-Polri dan PPL dilapangan nantinya diharapkan dapat menjadikan petani Kab. Simeulue yang unggul dan ulet," ucapnya Kadistan.

Di saat yang sama Kades Latitik, Agusamin Jafari mengucapkan terimakasih kepada Dandim 0115/Simeulue beserta Kadis Pertanian Kab. Simeulue, dimana selain memberikan motivasi, semangat kepada para petani, juga menyerahkan alat mesin perontok padi, untuk masyarakat dan disertai penyantunan anak yatim yang berada di Desa Latitik ini, semoga Allah SWT selalu memberikan Rahmat dan hidayahnya kepada kita semua," tutup Kades.(Helman/Murdi)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lestarikan Budaya Masyarakat, Dandim 0115/Simeulue Hadiri Acara Kenduri Blang Humaha Heba

Trending Now

Ads

iklan