iklan

---

Aplikasikan Ilmu Fisika Sederhana, Mahasiswa KKN PPM Unimal Kelompok 256 Membuat Roket Air

Relasi Nasional
Kamis, 04 November 2021 | 21:15 WIB Last Updated 2021-11-04T14:15:23Z

Aplikasikan Ilmu Fisika Sederhana, Mahasiswa KKN PPM Unimal Kelompok 256 Membuat Roket Air
 

Relasi Nasional | Lancang Barat - Mahasiswa KKN PPM Unimal Kelompok 256 mengaplikasikan ilmu fisika sederhana dengan membuat roket air bersama anak - anak di Desa Lancang Barat, Dusun Ulee Tutu

Mahasiswa KKN PPM Unimal Kelompok 256 ini berada dibawah naungan dosen pembimbing lapangan ( DPL), Yesy Afrillia .ST., M.kom bersama kelompok 256 Maulana alsmy (Teknik Mesin), Arief Rizqy (Teknik Mesin), Muhammad Arif Savinsada Daulay (Teknik Elektro), Mustafa Kamal (Hukum), Faidzil Affa (Hukum) , Risna Ritonga (Sosiologi), Rosyita (Sosiologi), Ayu Purnama (Administrasi Bisnis), Nisa Humaira (Administrasi Bisnis), Nadia (Administrasi Bisnis).


Ketua kelompok 256 Maulana Alsmy mengatakan belajar sambil bermain itu sangat efektif untuk diterapkan kepada anak-anak yang ada didusun Ulee tutu Gampong lancang barat. Karena mengingat anak anak pada masa sekarang cuma mempelajari dari buku tanpa ada praktek langsung.

Roket air merupakan bentuk praktik dari pelajaran atau teori fisika yang biasa dipelajari disekolah. Khususnya mengenai tekanan dan gaya dorong yang disebabkan oleh udara. Adapun cara membuat nya sangat mudah, hanya menggunakan botol plastik bekas minuman yang diberi sayap di bagian bawahnya sehingga menyerupai bentuk roket.


Kemudian botol di isi air setelah siap, roket dihubungkan dengan pompa udara. Dengan tekanan udara dari pompa roket pun meluncur. Tak hanya menjadi wahana praktik, roket air atau Aquajet sudah dikenal dikalangan komunitas pencinta ilmu pengetahuan fisika.


Tujuan dari praktik langsung roket air dengan anak anak di desa lancang barat dusun Ulee tutu bersama kelompok 256 ialah sebagai pengenalan ilmu pengetahuan fisika yang terkesan rumit menjadi mudah dipelajari dengan cara yang lebih menyenangkan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Aplikasikan Ilmu Fisika Sederhana, Mahasiswa KKN PPM Unimal Kelompok 256 Membuat Roket Air

Trending Now