iklan

---

Monumen Bajra Sandhi Renon Bali Wisata Penuh Sejarah

Relasi Nasional
Jumat, 01 Juli 2022 | 04:38 WIB Last Updated 2022-06-30T21:38:53Z

 

Monumen Bajra Sandhi

Monumen Bajra Sandhi merupakan salah satu ikon wisata sejarah di Bali. Bangunan monumen ini sangat megah di tengah kota Denpasar yakni area Niti Mandala, Renon, Denpasar. Sebagai tempat bersejarah, monumen ini sangat ramai dikunjungi wisatawan. 

Monumen tersebut dibangun serta didedikasikan untuk perjuangan rakyat Bali. Rancangan arsitektur monumen sangat kental dengan ukiran dan pahatan yang khas dan unik. Selayaknya Monas yang menjadi ikon Jakarta, monumen ini juga menjadi ikon Renon Bali. 


Sejarah Monumen Bajra Sandhi Bali

Jika menilik dari sejarah monumen ini, salah satu pencetus ide pembangunan adalah Prof Ida Bagus Matra. Kala itu ia menjabat sebagai Gubernur Bali tahun 1980.

Sementara seniman arsitektur monumen adalah Ir. Ida Bagus Gede Yadnya. Ia adalah salah satu yang memenangkan kompetisi arsitektur tahun 1981. 

Pembangunan monumen pada tahun 1981. Namun pada tahun 1987 pembangunan ini sempat tersendat. Pendiriannya di lapangan yang cukup luas dan hijau.

Luas tanah adalah 13,8 hektar dengan bangunan 49000 meter persegi. Monumen ini diresmikan oleh Megawati Soekarnoputri pada 14 Juni 2013. Dengan dibangunnya monumen ini selalu diadakan parade pesta kesenian Bali setiap tahunnya. 

Beberapa koleksi yang ada di dalam museum Monumen Bajra Sandhi perjuangan rakyat adalah diorama 33 buah, lukisan dan koleksi foto. Dalam diorama tersebut sejarah kehidupan Bali selama empat generasi akhirnya dimunculkan.

Dalam diorama, wisatawan dapat melihat kehidupan orang Bali masa prasejarah, masa Bali Madya, masa Bali Kuno, hingga masa Bali perjuangan serta mengisi kemerdekaan. 

Para wisatawan dapat melihat miniatur sejarah perjuangan rakyat Bali. Menariknya masing-masing diorama diberi keterangan dalam tiga bahasa yakni bahasa Bali, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Dari diorama awali masa sebelum sejarah pada bagian Selatan, kemudian memutar ke kanan searah jarum jam. Selanjutnya deretan yang pertama mulai dari satu sampai 20, putaran kedua mulai 21 sampai 33.


Keistimewaan Monumen Bali

Bagi wisatawan baik dari Jepang, Korea maupun China, monumen ini memiliki bagian yang cukup menarik yaitu pagoda. Mereka menganggap monumen ini adalah pagodanya. Maka dari itu banyak yang berkunjung justru dari wisatawan Asia. 

Monumen Bajra Sandhi dibagi menjadi tiga bagian. Pada bagian pertama orang mengenalnya dengan Nistaning Utama Mandala. Bagian ini berada di bagian lantai dasar gedung. Didalamnya terdapat ruang rapat, ruang pameran, perpustakaan, administrasi juga informasi. 

Sedangkan sebutan untuk bagian kedua adalah Madyaning Utama Mandala. Letaknya di bagian tengah yang menampilkan 33 diorama perjuangan rakyat Bali. Selain itu memiliki kolam ikan bundar bernama puser  Tasik. Menariknya kolam ini memiliki ciri khas ornamen air mancur patung Katak. 

Bagian ketiga monumen adalah Utamaning Utama Mandala. Berada di lantai atas, monumen ini berada di ruang peninjauan. Bahkan hal yang paling menarik adalah wisatawan dapat menikmati pemandangan kota Denpasar 360 derajat dari Utamaning Utama Mandala. 


Fasilitas dan Jam Buka

Wisatawan yang ingin berkunjung ke monumen tidak perlu khawatir karena tempat wisata ini memiliki fasilitas yang membuat siapa saja nyaman berada di wisata ini. Terdapat pusat informasi, panggung budaya, parkir kendaraan yang luas hingga toilet umum. 

Terdapat banyak spot terbaik untuk mengambil foto instagenic sehingga membuat koleksi foto semakin keren. Lokasi monumen berada di Jalan Raya Puputan Nomor 142, Panjer, Denpasar Selatan, Denpasar, Bali. Waktu buka dari pukul 08.00 hingga 18.00 WITA. Wisatawan dapat berkunjung ke Monumen Bajra Sandhi setiap hari.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Monumen Bajra Sandhi Renon Bali Wisata Penuh Sejarah

Trending Now

Ads

iklan